Dalam dunia pemasaran tidak pernah luput dari apa yang dinamakan persaingan, salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh suatu perusahaan agar mencapai tujuan dan sukses dalam persaingan adalah dengan menciptakan strategi promosi yang tepat. Hal ini berlaku juga pada perusahaan produk jenis jasa komunikasi untuk melakukan persaingan, karena komunikasi sudah menjadi kebutuhan bagi semua kalangan. Demikian pula dengan strategi promosi Telkomsel Apprentice Program sebagai langkah untuk memperkenalkan berbagai produk Telkomsel yang ditujukan untuk kalangan millennials.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh strategi promosi Telkomsel Apprentice Program terhadap keputusan pembelian. metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian survey dengan menggunakan kuesioner sebagai instrument pengumpulan datanya. Sampel pada penelitian ini sebanyak 400 responden mahasiswa yang ada di wilayah Surabaya Selatan. Teknik sampling yang digunakan adalah Voluntary Sampling. Alat uji yang digunakan adalah SPSS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi promosi Telkomsel Apprentice Program berpengaruh tetapi tidak signifikan terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci: Strategi Promosi, keputusan pembelian, advertising, publisitas, promosi penjuaan, personal selling.
In the world of marketing has never escaped what is called competition, one of the conditions that must be met by a company in order to achieve goals and succeed in competition is to create the right promotional strategy. This also applies to companies in the type of communication service products to compete, because communication has become a necessity for all groups. Likewise, the promotion strategy of the Telkomsel Apprentice Program as a step to introduce a variety of Telkomsel products aimed at millennials.
The purpose of this study was to determine the effect of the Telkomsel Apprentice Program promotion strategy on purchasing decisions. The research method used was a survey research method using a questionnaire as an instrument for collecting data. The sample in this study were 400 student respondents in the South Surabaya area. The sampling technique used is Voluntary Sampling. Test equipment used is SPSS. The results of this study indicate that the Telkomsel Apprentice Program promotion strategy has an effect but is not significant on purchasing decisions.
Keywords: Marketing Communication, Promotion Strategy, Advertising, Personal Selling.