PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PERUMAHAN PT.HASANAH MULIA INVESTAMA
THE EFFECT OF PRODUCT PRICE AND QUALITY ON PUBLIC PURCHASE DECISIONS OF PT. HASANAH MULIA INVESTAMA
Perkembangan bisnis sektor properti di Surabaya cukup pesat mengisyaratkan adanya perbaikan ekonomi ke arah masa depan yang lebih baik, namun tidak terlupakan adanya persaingan developer. Persaingan tersebut membuat PT Hasanah Mulia Investama mempertimbangkan kualitas produk dan harga dengan tujuan meningkatkan keputusan pembelian yang berkaitan erat dengan perilaku konsumen yang merupakan unsur penting wajib diketahui oleh perusahaan. Anjuran dalam agama Islam dalam hal keputusan pembelian, konsumenharus mempertimbangkan kegunaan barang bukan hanya sebagai pemuas keinginan. Peneitian ini bertujuan mengetahui pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian perumahan PT Hasanah Mulia Investama serta pandangannya dalam ekonomi Islam. Metode penelitian ini yaitu kuantitatif dan teknik analisis regresi linear berganda serta kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data responden dengan jumlah sampel 38 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan harga dan kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada PT Hasanah Mulia Investama.
Kata Kunci : Harga, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian.
The development of the property sector business in Surabaya is quite rapid, indicating that there is an economic improvement towards a better future, but the developer competition is not forgotten. The competition made PT Hasanah Mulia Investama consider product quality and price with the aim of increasing purchasing decisions that are closely related to consumer behavior which is an important element that must be known by the company. Prompts in Islam in terms of purchasing decisions, consumers should consider the use of goods not only as a desire to satisfy. This research aims to determine the effect of price and product quality on PT Hasanah Mulia Investama's housing purchase decisions and views on the Islamic economy. This research method is quantitative and multiple linear regression analysis techniques and questionnaires as instruments for collecting respondents with a sample size of 38 people. The results showed that partially and simultaneously the price and quality of products affected the purchasing decisions at PT Hasanah Mulia Investama.
Keywords: Price, Product quality, Purchase decision