Pengembangan Video Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMK Materi Fotografi
Development of Interactive Learning Videos to Increase Motivation and Learning Outcomes of Vocational School Students on Photography Material
Yussi. Anggrini. 2025. Pengembangan Video Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMK Materi Fotografi. Tesis, Program Studi Teknologi Pendidikan, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Dr. Yeni Anistyasari, S.Pd.,M.Kom, (II) Dr. Rina Harimurti, S.Pd., M.T.
Dengan menggunakan fotografi sebagai alat bantu mengajar, penelitian ini berupaya meningkatkan keterlibatan dan daya ingat siswa melalui pembuatan media pembelajaran video interaktif. Masalah ini muncul karena pemahaman yang tidak memadai tentang konsep dan kemampuan visual dalam kaitannya dengan subjek fotografi fundamental. Dengan pengaturan kelas seperti ini, siswa seharusnya memiliki akses yang lebih baik ke, atau setidaknya dapat memanfaatkan, teknologi pembelajaran. Dengan membuat film interaktif, peneliti membantu mengatasi masalah yang muncul. Model ADDIE dengan pretest dan posttest digunakan dalam penelitian pengembangan ini. Seratus sepuluh siswa dari SMK Desain Komunikasi Visual Kabupaten Bojonegoro (kelas X) berpartisipasi sebagai subjek penelitian.
Menurut temuan penelitian, media yang dibuat efektif untuk tujuan pendidikan. Temuan perhitungan dengan menggunakan uji t-pair mendapatkan nilai signifikan berdasarkan kolom asimptomatik, yang merupakan penemuan lain setelah pengujian dan perhitungan dalam penelitian ini. Sig (2-tailed) kurang dari 0,05, artinya 0,00 kurang dari 0,05. menemukan bahwa film instruksional memiliki pengaruh terhadap minat dan kinerja siswa di kelas. Hasil dari posttest jauh lebih tinggi daripada hasil dari pretest. N-Gain menunjukkan adanya peningkatan antara pretest dan posttest, karena rata-rata Side Effect lebih besar dari 0,2.
Kata Kunci: Video Interaktif, Fotografi, Motivasi, Hasil Belajar, ADDIE
ABSTRACT
Yussi. Anggrini. 2025. Development of Interactive Learning Videos to Increase Motivation and Learning Outcomes of Vocational School Students on Photography Material. Thesis, Educational Technology Study Program, Postgraduate, Surabaya State University. Supervisor: (I) Dr. Yeni Anistyasari, S.Pd., M.Kom, (II) Dr. Rina Harimurti, S.Pd., M.T.
Using photography as a teaching tool, this study seeks to improve student engagement and retention via the creation of interactive video learning media. The issue arises due to an inadequate grasp of visual concepts and abilities in relation to fundamental photographic subjects. With these kinds of classroom settings, students should have better access to, or at least be able to make use of, learning technologies. By creating interactive movies, researchers help with the issues that arise. An ADDIE model with pretest and posttest is used in this development study. One hundred and ten students from Bojonegoro Regency's Visual Communication Design Vocational School (class X) participated as study subjects.
According to the study's findings, the created media is effective for educational purposes. The findings of the calculations utilizing the t-pair test got a significant value based on the asymp column, which was another discovery following testing and calculations in this study. Sig (2-tailed) is less than 0.05, meaning that 0.00 is less than 0.05. found that instructional films had an effect on students' interest in and performance in class. Results from the posttest were much higher than those from the pretest. N-Gain shows that there was an increase between the pre- and post-tests, as the average Side Effect is greater than 0.2.
Keywords: Interactive Video, Photography, Motivation, Learning Outcomes, ADDIE