The Effect of Motivational Regulation Strategies on Students’ Critical Thinking in Argumentative Essay Writing
Pengaruh Strategi Regulasi Motivasi pada Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menulis Esai Argumentatif
Kata Kunci: Strategi regulasi motivasi, kemampuan berpikir siswa, esai argumentatif
Beberapa peneliti telah melakukan penelitian sebelumnya tentang strategi regulasi motivasi dan berpikir kritis mahasiswa, beberapa penelitian tentang korelasi antara motivasi dan berpikir kritis mahasiswa dan esai argumentatif mahasiswa. Berangkat dari temuan ini, penelitian ini bertujuan untuk mengisi kesenjangan tersebut dengan menemukan efek strategi regulasi motivasi terhadap kemampuan berpikir kritis dan kualitas menulis mahasiswa dengan memberikan perbedaan signifikan antara strategi regulasi motivasi dan tingkat efek strategi regulasi motivasi terhadap kualitas menulis mahasiswa.
Studi ini menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif untuk menemukan perbedaan signifikan dalam berpikir kritis mahasiswa di antara berbaga strategi regulasi motivasi; untuk itu, metode kuantitatif juga digunakan untuk menemukan jumlah efek strategi regulasi motivasi terhadap kualitas menulis mahasiswa. Kemudian, metode kualitatif menentukan bagaimana mahasiswa dengan keterampilan berpikir kritis tinggi dan rendah di antara tingkat strategi regulasi motivasi yang berbeda mencerminkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa dalam bagian argumentasi dan penolakan argumen.
Temuan menunjukan bahwa strategi regulasi motivasi yang paling banyak digunakan oleh mahasiswa adalah regulation of performance goals dengan total jumlah 21. Selanjutnya, di antara berbagai strategi regulasi motivasi untuk berpikir kritis mahasiswa, mahasiswa sebagian besar menggunakan regulation of mastery goals. Namu, tidak ada perbedaan signifikan dalam berpikir kritis mahasiswa di antara berbagai strategi regulasi motivasi. Selain itu, dalam Menyusun esai argumentative, melalui hasil kualitas menulis mahasiswa berdasarkan nilai dari dosen, mahasiswa sebagian besar menggunakan regulation of performance goals; ini juga menunjukan bahwa strategi regulasi motivasi memiliki efek sedang terhadap kualitas menulis mahasiswa. Selain itu, mahasiswa dengan tingkat berpikir kritis tinggi dan strategi motivasi yang berbeda mencerminkan subketerampilan berpikir kritis secara berbeda melalui argumentasi dan penolakan argumen.
Sebagai kesimpulan, berpikir kritis mahasiswa di antara berbagai strategi regulasi motivasi tidak berbeda secara signifikan karena beberapa alasan. Namun, strategi regulasi motivasi memiliki efek terhadap kualitas menulis mahasiswa. Oleh karena itu, strategi regulasi motivasi harus dipertimbangkan oleh dosen yang mengampus kelas writing.
Keywords: Motivational regulation strategies, students’ critical thinking, argumentative essay.
Some researchers have conducted previous studies about motivational regulation strategies and critical thinking, some about the correlation between motivation and critical thinking, others about motivation and students’ writing skills, and critical thinking in students’ argumentative essays. Starting from these findings, this study aims to fill the gap by finding the effect of motivational regulation strategies on students’ critical thinking and writing quality by providing the significant difference between motivational regulation strategies and the level of effect of motivational regulation strategies on students’ writing quality.
This study used quantitative and qualitative methods to find the significant differences in students’ critical thinking among different motivational regulation strategies; furthermore, the quantitative method was also used to find the number of effects of motivational regulation strategies on students’ writing quality. So, the qualitative method seeks to determine how students with high and low critical thinking skills among different motivational regulation strategy levels reflected their critical thinking subskills in the argument and refutation argument section.
The findings show that the most motivational regulation strategy used by the students is the regulation of performance goals with N=21. Furthermore, among different motivational regulation strategies for students’ critical thinking, students mostly used the regulation of mastery goals. However, there is no significant difference in students’ critical thinking among different motivational regulation strategies. Furthermore, in composing the argumentative essay, according to the lecturer, through the writing quality result, students mostly used regulation of performance goals; it also showed that motivational regulation strategies have a moderate effect on students’ writing quality. In addition, students with different levels of critical thinking and motivational regulation strategies reflected the critical thinking subskills differently through the argument and refutation argument.
In conclusion, students’ critical thinking among different motivational regulation strategies is not significantly different for some reasons. However, motivational regulation strategies have an effect on students’ writing quality. Therefore, motivational regulation strategies should be considered by writing lecturers in conducting writing classes.