MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF EKSTRAKULIKULER SENI TARI DI SMK NAHDLATUL ULAMA (NU) GRESIK
SMK NU Gresik merupakan lembaga pendidikan Islam di Gresik. Ekstrakurikuler seni tari diadakan sebagai usaha dalam melestarikan budaya daerah, membentuk karakter serta menjadikan siswa berprestasi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengkaji support warga sekolah mengenai pembelajaran ekstrakurikuler seni tari (2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran ekstrakurikuler seni tari, (3) mendeskripsikan hasil pembelajaran ekstrakurikuler seni tari. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data penelitian, reduksi data, penyajian data, dan simpulan. Hasil penelitian pembelajaran ekstrakurikuler seni tari di SMK NU Gresik memiliki dukungan positif dari siswa, orang tua, dan warga sekolah. Menerapkan model pembelajaran kolaboratif dengan metode tutor sebaya (Peer Teaching) dinilai dapat mengembangkan keaktifan dan kemampuan siswa tidak hanya dari segi kognitif saja, tetapi menguatkan potensi yang dimiliki siswa. Maka dengan adanya kolaborasi dan metode tersebut mampu menunjang berbagai prestasi yang dihasilkan siswa SMK NU Gresik.