LITERATURE REVIEW THE LEGO-BASED INTERVENTION FOR CHILDREN WITH AUTISM SPECTRUM DISORDER
Lego telah berkembang dibeberapa negara serta digunakan sebagai intervensi untuk anak dengan spektrum autis. Berdasarkan hal tersebut tujuan penelitian ini untuk mengkaji peranan intervensi berbasis lego untuk anak dengan spektrum autis melalui tinjauan literatur. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode studi pustaka, meliputi penggalian literatur menggunakan basis data web. Sumber peneltian yang dibutuhkan dalam pengumpulan data diperoleh dari buku, artikel jurnal ilmiah nasional maupun internasional yang membahas tentang intervensi berbasis lego untuk anak dengan spektrum autis. Hasil penelitian ini adalah tersusunnya peranan intervensi berbasis lego untuk anak dengan spektrum autis yakni adanya peningkatan pada aspek interaksi sosial, kompetensi sosial, komunikasi, bahasa, bermain kolaboratif, dan perilaku.
Lego has been widely developed in many countries. It has also been used as an intervention program for children with autism disorder (ASD). Based on this background, this research sought to review the role lego based interventions program for children with ASD through a lterature review. The research method used in this research is the literature review method, literatures were collected through the web database. Sources of the research needed in data collection are obtined from books, articles of national and international scientific journals that discuss lego based interventions for children with ASD. The result of this research are the compotition of the role of lego based interventions for children with ASD. Those impact are including the improvement on the aspects of social interaction, social competence, communication, language, collaborative play, and behaviour.