Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran IPA berpendekatan Socio-Scientific Issues (SSI) pada materi perubahan iklim untuk meningkatkan literasi sains peserta didik SMP. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar Peserta Didik (BAPD), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan tes literasi sains. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model Dick and Carey. Uji coba perangkat pembelajaran di kelas menggunakan one group pre-test post-test design. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah lembar validasi, lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, lembar pengamatan aktivitas, lembar tes, dan angket respons peserta didik. Pengumpulan data menggunakan metode validasi, observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data menggunakan statistic deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan layak secara validitas, kepraktisan, dan keefektivan. Aspek validitas menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran sangat valid dan reliabel. Aspek kepraktisan menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran rata-rata 3.66 dengan dengan kriteria sangat baik dan aktivitas peserta didik menunjukkan sangat aktif. Rata- rata pencapaian literasi sains dari 32 peserta didik pada kelas VII A saat pre-test berada pada level 2 mengalami peningkatan pada saat post-test berada pada level 4. Berdasarkan Uji N-Gain diperoleh nilai 0.50 berada pada kriteria sedang. Respons peserta didik terhadap penerapan perangkat berpendekatan Socio-Scientific Issues (SSI) pada materi perubahan iklim mendapat kriteria Sangat Baik. Peserta didik memberikan respons positif sebesar 87.60%.
This research aims to produce IPA learning devices with the approach of Socio-Scientific Issues (SSI) on climate change materials to improve the science literacy of Junior high school students. The learning devices developed are syllabus, learning Implementation Plan, Student teaching materials, Student Worksheets, and Science literacy test. This type of research is development research with the model Dick and Carey. Test learning devices in the classroom using one group pre-Test post-Test design. The research instruments in this study are validation sheets, learning implementation observation sheets, activity observation sheets, test sheets, and student response polls. Data collection using validation methods, observations, tests, and polls. Data analysis techniques use quantitative descriptions. The results of the study show that learning devices are declared worthy of validity, practicality, and effectiveness. The validity aspect indicates that the learning device is very valid and reliable. The practicality aspect of the practice of learning has an average 3.66 with excellent criteria and an student activity is very active. The average achievement of science literacy from 32 students in class VII A when pre-test was at level 2 experienced an increase when post-test was at level 4. Based on N-Gain test the value of 0.50 is on medium criteria. Students ' response to the application of a Socio-Scientific Issues (SSI) approach to climate change material is very good. Learners give a positive response of 87.60%.