Permasalahan yang dihadapi guru
geografi kelas XI IPS SMA Negeri 4 Bangkalan adalah masih rendahnya hasil belajar dan semangat
belajar siswa pada mata pelajaran geografi. Hasil ulangan harian siswa
diperoleh persentase nilai rata-rata ketuntasan XI IPS 1 sebesar 50% dan XI IPS
2 sebesar 4 9 %. M edia pembelajaran yang kurang menarik perhatian dan rasa ingin tahu siswa tentang
materi dinamika
dan masalah kependudukan yang
ada pada pelajaran geografi. Permasalahan tersebut membuat peneliti ingin
mengembangkan sebuah media pembelajaran word
square. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Kelayakan
media Word Square sebagai media
pembelajaran. 2) Aktivitas siswa selama penerapan media pembelajaran Word Square. 3) Respon siswa terhadap
penerapan media pembelajaran Word Square .
4) Hasil belajar siswa setelah penerapan media pembelajaran Word Square. 5) Tingkat efektifitas
pembelajaran siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4 Bangkalan Madura setelah perlakuan
media pembelajaran Word Square pada
materi dinamika dan masalah kependudukan.
Pengembangan media pembelajaram Word Square menggunakan desain R&D (Research and
Development ) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implement,
Evaluate ). Teknik pengumpulan data meliputi lembar validasi media, lembar
observasi aktivitas siswa, angket respon siswa, dan tes hasil belajar siswa.
Data validasi, observasi, dan angket akan dianalisis menggunakan ketentuan
skala Likert, hasil belajar siswa dianalisis menggunakan uji independent sample
t-test .
Hasil
penelitian menunjukkan: 1) Validasi media dari ahli media dan materi memperoleh
persentase nilai kelayakan media 82% dan kelayakan materi 84%, termasuk
kriteria sangat layak. 2) Aktivitas siswa menunjukkan perubahan yang baik
selama penerapan media pembelajaran Word
Square dengan persentase nilai rata-rata 71,87%. 3) Respon siswa terhadap
penerapan media pembelajaran Word Square
memperoleh persentase nilai rata-rata sebesar 84,55%, termasuk kriteria sangat
baik. 4) Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata post-test 79,18 dan kelas kontrol 73,50.
Berdasarkan hasil uji independent sample
t-test diperoleh perbedaan nilai rata-rata sebesar 5,068 dan nilai Sig. (2-tailed ) sebesar 0,001, maka p < α ;
0,001 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan ada perbedaan
hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. 5) Tingkat efektifitas
pembelajaran siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4 Bangkalan Madura setelah perlakuan
media pembelajaran Word Square pada
materi dinamika dan masalah kependudukan hasil pembelajaran termasuk kategori
efektif dengan kenaikan 69,74%.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, ADDIE, Word Square , Aktivitas siswa, Respon siswa, Hasil Belajar dan
efektifitas hasil belajar siswa.