Minat Siswa SMPN 1 Tarik Dalam Mengikuti Ekstrakurikuler Olahraga Di Sekolah
The Interest of SMPN 1 Tarik Students in Participating in Extracurricular Sports at School
Permasalahan yang dijumpai yaitu diketahui bahwa masih banyak siswa SMPN 1 Tarik yang mengikuti ekstrakurikuler bukan karena minat, sehingga belum diketahui faktor apa saja yang memengaruhi minat siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler olahraga. Jika faktor minat siswa tersebut belum diketahui maka prestasi belajar khususnya ekstrakurikuler olahraga belum bisa optimal untuk ditingkatkan. Berdasarkan hasil yang dicapai masih belum bisa dipastikan dengan data secara lengkap di lapangan mengenai minat siswa SMPN 1 Tarik yang berhubungan dengan ekstrakurikuler olahraga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang memengaruhi minat siswa SMPN 1 Tarik dalam mengikuti ekstrakurikuler olahraga. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa putra-putri SMPN 1 Tarik kelas VII dan VIII yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga berjumlah 119 siswa dan penelitian ini merupakan penelitian populasi.
Penelitian ini adalah penelitian dengan menggunakan metode kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrakurikuler olahraga yang diminati siswa yaitu futsal, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), bolavoli, dan silat yang sudah popular dan mudah untuk dilakukan, sehingga minat siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler olahraga di SMPN 1 Tarik sebanyak 119 siswa dengan hasil penelitian menunjukkan sebanyak 5 siswa termasuk dalam kategori sangat tinggi, sebanyak 58 siswa termasuk dalam kategori tinggi, sebanyak 51 siswa termasuk dalam kategori rendah, serta sebanyak 5 siswa termasuk dalam kategori sangat rendah. Dapat disimpulkan dari hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan pada tiap indikatornya, yaitu indikator instrinsik dan indikator ekstrinsik, keseluruhan siswa termasuk dalam kategori tinggi. Serta dapat dikatakan bahwa minat siswa SMPN 1 Tarik dalam mengikuti ekstrakurikuler olahraga di sekolah termasuk dalam kategori tinggi berdasarkan pada faktor intrinsik yang meliputi perhatian, perasaan senang, aktivitas, serta faktor ekstrinsik yang meliputi pelatih, sarana dan prasarana, keluarga, dan lingkungan.
The problem encountered is that it is known that there are still many SMPN 1 Tarik students who take part in extracurriculars not because of interest, so it is not yet known what factors affect students interest in participating in extracurricular sports. If the students interest factor is not yet known, then learning achievement, especially extracurricular sports, cannot be optimal to be improved. Based on the results achieved, it is still uncertain with complete data in the field regarding the interests of SMPN 1 Tarik students related to extracurricular sports.
This study aims to determine the factors that influence the interest of SMPN 1Tarik students in participating in extracurricular sports. The population in this study was all students of SMPN 1 Tarik class VII and VIII who participated in extracurricular sports totaling 119 students and this study was a population study. This research is research using quantitative methods. The results showed that the extracurricular sports that students are interested in are futsal, the Heritage Flag Raising Force (Paskibraka), volleyball, and silat which are popular and easy to do, so that students interest in participating in extracurricular sports activities at SMPN 1 Tarik as many as 119 students with the results showed that as many as 5 students were included in the very high category, as many as 58 students were included in the high category, A total of 51 students belonged to the low category, and as many as 5 students belonged to the very low category. It can be concluded from the results of the research obtained based on each indicator, namely intrinsic indicators and extrinsic indicators, all students are included in the high category. And it can be said that the interest of SMPN 1 Tarik students in participating in extracurricular sports at school is included in the high category based on intrinsic factors which include attention, feelings of pleasure, activities, and extrinsic factors which include coaches, facilities and infrastructure, family, and environment.