PERSEPSI ORANG TUA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING DALAM MATA PELAJARAN PJOK
STUDENT’S PARENTS’ PERCEPTIONS TOWARD
LEARNING ACTIVITY WITHIN PJOK SUBJECT
Pada awal 2020 Indonesia melaporkan masuknya kasus infeksi virus Covid-19. Kebijakan pemerintah dalam memberlakukan penerapan menjaga jarak mengakibatkan adanya perubahan pada sistem belajar mengajar, hal tersebut ditandai dengan diberlakukannya sistem pembelajaran daring. Pembelajaran daring merupakan kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan secara daring melalui platform belajar online. Pada sistem pembelajaran daring tentunya terdapat kelebihan dan kekurangan, sehingga peneliti bertujuan untuk mengetahui persepsi dari para orang tua siswa mengenai sisi positif dan negarif selama mendampingi siswa dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran PJOK. Metode penelitian yang digunakan pada artikel ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian merupakan orang tua siswa kelas II-VI dari SD Mujahidin 2 Surabaya yang berjumlah 94 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode survei menggunakan angket berisi beberapa pertanyaan seputar pembelajaran PJOK yang dilaksanakan secara daring. Dari hasil penelitian telah diperoleh data sebanyak 64% orang tua Setuju untuk kegiatan pembelajaran daring, serta mendapatkan respon positif dari orang tua. Hal ini dikarenakan dengan dilakukannya pembelajaran secara daring, orang tua dapat mengontrol perkembangan anak selama pembelajaran dan dapat bekerja sama dalam menyelesaikan setiap materi yang diberikan guru, serta pembelajaran daring juga dinilai dapat melatih kemandirian pada siswa, serta menambah wawasan bagi orang tua maupun siswa. Selain itu dengan adanya pembelajaran daring dapat menambah wawasan anak dalam bidang teknologi informasi.
In early 2020 Indonesia reported cases of infection with the Covid-19 virus. The government’s policy in enforcing social distancing has resulted in changes to the teaching and learning system, this is indicated by the implementation of an online learning system. Online learning is teaching and learning activites carried out online through online learning platforms. In the online learning system, of course, there are advantages and disadvantages, so the researcher aims to find out the perceptions of parents of students regarding the positive and negative sides while accompanying students in online learning in PJOK subjects. The research method used in this article is descriptive research with a quantitative approach. The research sample was the parents of class II-VI students form SD Mujahidin 2 Surabaya, totaling 94 people. The data collection technique used is a survey method using a questionnaire containing servel questions about PJOK learning which is carried out online. From the results of the study, 64% of parents agreed to online learning activites, and received positive responses from parents. This is because by doing online learning, parents can control children’s development during learning an can work together in completing each material provided by the teacher, and online learning is also considered to be able to train student’s independence, as well as add insight to parents and students. Apart from that, online learning can broaden children’s knowledge in the field of information technology.