ABSTRAK
Iskandar, Nurul, 2020. Pengembangan
Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Ideal Problem Solving untuk
Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Pemahaman Bacaan. pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris bagi Siswa
Kelas X di SMKN 1 Blega Bangkalan .
Disertasi, Program Studi Teknologi Pendidikan, Program Pasca Sarjana
Universitas Negeri Surabaya. Promotor: Prof. Dr. Mustaji, M.Pd dan Co. Promotor: Dr. Miftakhul Jannah, M.Si., Psikolog.
Kata-kata Kunci :
Model Problem Based Learning, IDEAL
Problem Solving, Berpikir kritis, Pemahaman bacaan, dan Bahasa Inggris.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran
yang layak, praktis, dan efektif. Pengembangan model pembelajaran ini
mengintegrasikan model Problem Based
Learning dengan pendekatan IDEAL
Problem solving (PBL IDEAL ). PBL IDEAL adalah Sebuah model
pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan IDEAL Problem Solving dirancang untuk membantu siswa dalam memahami
bagian atau komponen penyelesaian masalah dengan melalui tahapan pemecahan
masalah (problem solving ) yang digunakan untuk meningkatkan berpikir
kritis dan pemahaman bacaan siswa pada mata pelajaran bahasa inggris. Dengan kemampuan memecahkan masalah, siswa
dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan pemahaman bacaan
pada mata pelajaran bahasa Inggris.
Desain
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian dan
pengembangan . Tahapan desain intruksional menggunakan Dick and Carey model. Instrumen yang
digunakan dalam mengumpulkan data yaitu (1) wawancara digunakan untuk
memperoleh informasi langsung tentang kondisi dilapangan. (2) angket digunakan
untuk memperoleh data kelayakan produk pengembangan. (3) observasi digunakan
untuk memperoleh data kepraktisan produk pengembangan, (4) tes digunakan untuk
memperoleh data keefektifan produk pengembangan. Uji kelayakan model dan
prangkat pendukung menggunakan angket yang berikan kepada dua ahli, tiga siswa
dalam evaluasi individu, dan sepuluh siswa pada evaluasi kelompok kecil. Uji kepraktisan model dilakukan pada uji coba
lapangan melalui pengamatan dua orang praktisi menggunakan lembar observasi
keterlaksanaan pembelajaran. Uji efektifitas dilakukan melalui pretest dan posttest selama pelaksanaan uji lapangan. Teknik analisis data diolah menggunakan Microsoft Excel dan Statistical Package for the Sosial Sciences (SPSS) .
Subjek penelitian yaitu 31 siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Blega, kelas
X, program keahlian Akuntasi dan Keuangan Lembaga (AKL) pada mata pelajaran bahasa Inggris.
Hasil
penelitian menunjukkan bahwa model PBL IDEAL memiliki (1) kriteria kelayakan. dengan perolehan skor 94%.(sangat
baik), (2) kepraktisan model menunjukkan tingkat keterlaksanaan pembelajaran 100%.(sangat baik), (3) keefektifan dapat diketahui nilai probabilitas pada berpikir kritis
adalah sebesar 0,000 < 0,05, sedangkan nilai probabilitas pada pemahaman bacaan adalah sebesar 0,000 < 0,05. Dari hasil
probabilitas ini, maka disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara pretest
dan posttest pada berpikir kritis maupun pemahaman bacaan. Dapat disimpulkan bahwa model PBL IDEAL layak, praktis, dan efektif untuk meningkatkan
keterampilan berpikir kritis dan pemahaman bacaan pada mata pelajaran bahasa Inggris.