STRATEGI HUMAS DAN KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM UPAYA PENGEMBANGAN CITRA SEKOLAH MELALUI MEDIA SOSIAL DI SDN WIYUNG I/ 453 SURABAYA
PUBLIC RELATIONS STRATEGIES AND PARENTAL INVOLVEMENT IN SCHOOL IMAGE DEVELOPMENT THROUGH SOCIAL MEDIA AT SDN WIYUNG I/453 SURABAYA
Citra merupakan aspek penting dalam suatu pendidikan, citra muncul dikarenakan adanya suatu gambaran dari seseorang yang ditinjau dari pandangan seseorang tersebut pada fakta yang ada. Secara terstruktur pengembangan citra merupakan peran dari humas, humas berkoordinasi dalam membentuk strategi dalam pengembangan citra itu sendiri. Salah satu sekolah dasar peserta sekolah penggerak yakni SDN Wiyung I/453 merupakan sekolah yang memiliki citra yang baik dihasdapan masyarakat dan orang tua. Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji secara mendalam terkait strategi dari humas SDN Wiyung I/453 Surabaya dalam upaya pengembangan citra sekolah, lalu keterlibatan orang tua dalam upaya tersebut, hingga implementasi dari pengembangan citra sekolah melalui media sosial di SDN Wiyung I/453 Surabaya. Dalam rangka mencapai tujuan penelitian tersebut, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan ialah wawancara, observasi dan studi dokumen dengan informan yakni kepala sekolah, koordinator umum, admin media sosial, guru kelas, komite sekolah dan orang tua peserta didik. Teknik analisis data yang peneliti gunakan antara lain kondensasi data, pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini yakni (1) Citra yang dimiliki SDN Wiyung I/453 Surabaya cukup baik, meskipun sekolah tidak memiliki tim humas secara khusus, strategi yang digunakan sekolah dalam upaya pengembangan citra ialah meningkatkan kualitas kinerja pendidik dan tenaga kependidikan, melalui kegiatan ekstrakulikuler, melalui jaringan kerjasama dengan warga sekolah dan lingkungan sekitar sekolah dengan melalui media sosial, serta meningkatkan pelayanan sekolah, serta menampilkan seluruh strategi yang disebutkan sebelumnya melalui media sosial juga telah melalui tahap stakeholder, tahap public dan tahap isu, (2) keterlibatan orang tua peserta didik SDN Wiyung I/453 Surabaya menggunakan model partisipasi partners and share responbilities, pihak orang tua berkoordinasi dan kerja sama dengan pihak sekolah untuk menjadi reviewer dan sebagai pihak yang membantu dalam mempromosikan sekolah melalui media sosial.(3) Implementasi dari pengembangan citra melalui media sosial didukung penuh oleh kepala sekolah dan memiliki tim IT yang menaungi pelaksanan pengembangan citra.
Kata kunci : Humas, Strategi, Citra Sekolah, Keterlibatan Orang Tua
Image is an important aspect in education, as it arises from a person's perception based on existing facts. The structured development of image is the role of public relations (PR), where PR coordinates in shaping strategies for image development. One of the participating primary schools in the School Movement Program is SDN Wiyung I/453, which has a good image in the eyes of the community and parents. The purpose of this study is to thoroughly examine the strategies of the PR department of SDN Wiyung I/453 in Surabaya in efforts to develop the school's image, as well as the involvement of parents in these efforts, and the implementation of image development through social media at SDN Wiyung I/453 in Surabaya. In order to achieve the research objectives, a qualitative method with a case study approach was employed. The data collection techniques used by the researcher include interviews, observations, and document studies, involving key informants such as the school principal, general coordinator, social media administrator, classroom teachers, school committee, and parents of students. Data analysis techniques used by the researcher include data condensation, data collection, data presentation, and drawing conclusions.
The findings of this study are as follows: (1) The image of SDN Wiyung I/453 in Surabaya is quite good, despite the school not having a dedicated PR team. The strategies used by the school for image development include improving the quality of teaching staff and educators, engaging in extracurricular activities, establishing collaborations with the school community and the surrounding environment through social media, enhancing school services, and presenting all the aforementioned strategies through social media. These strategies have also gone through stakeholder, public, and issue stages. (2)The involvement of parents of students at SDN Wiyung I/453 in Surabaya follows the model of participation, partnership, and shared responsibilities. Parents coordinate and collaborate with the school as reviewers and assist in promoting the school through social media.(3) The implementation of image development through social media is fully supported by the school principal and there is an IT team responsible for executing image development activities.
Keywords: Public Relations, Strategies, School Reputation, Parental Involvement