PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR SIMBOLIK ANAK USIA 5-6 TAHUNÂ
DEVELOPMENT OF EDUCATIONAL GAME TOOLS TO IMPROVE SYMBOLIC THINKING ABILITY FOR CHILDREN AGED 5-6 YEARS
Keterbatasan dalam penggunaan Alat Permainan Edukatif dapat membuat pembelajaran menjadi monoton, membosankan dan tidak menarik. Hal tersebut bisa menghambat proses perkembangan anak, salah satunya adalah perkembangan kognitif anak dalam berfikir simbolik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hasil pengembangan Alat Permainan Edukatif Little Uno dan untuk mendapatkan efektifitas Alat Permainan Edukatif Little Uno dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Simbolik Anak Usia 5-6 tahun melalui validasi ahli materi dan ahli media serta uji coba ke anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis-Design Development-Implementation and Evaluation). Uji validasi ahli materi dan ahli media oleh dosen jurusan PG-PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan, UNESA yang diperoleh hasil 99% validasi materi dan 94% validasi media sehingga dinyatakan layak digunakan tanpa revisi . Subjek uji coba dilakukan pada 5 anak Usia 5-6 tahun dikecamatan Bungah dengan teknik observasi dengan hasil 1) 5 dari 5 anak mengetahui huruf A-Z dengan baik, 2) 5 dari 5 anak mampu menunjukkan lambang huruf kapital A-Z dengan baik, 3) 5 dari 5 anak mampu menunjukkan lambang huruf kecil A-Z dengan baik, 4) 4 dari 5 anak mengetahui huruf Vokal 5) 4 dari 5 anak mengetahui huruf konsonan 6) 4 dari 5 anak mampu menyebutkan lambang huruf vokal 7) 5 dari 5 anak mampu melengkapi huruf menjadi sebuah kata dengan baik, 8) 4 dari 5 anak mampu menyusun huruf menjadi sebuah kata dengan baik, 9) 5 dari 5 anak mampu membaca kata pada kartu gambar dengan baik. Kesimpulan dari penelitian pengembangan ini bahwa Alat Permainan Edukatif Little Uno layak digunakan untuk anak usia 5-6 tahun dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berfikir simbolik.
Kata Kunci : Alat Permainan Edukatif, Berfikir Simbolik, Anak Usia 5-6 Tahun.
Limitations in using Educational Play Tools can make learning monotonous, boring and uninteresting. This can hamper the process of child development, one of which is the cognitive development of children in symbolic thinking. The purpose of this study was to determine the results of the development of the Little Uno Educational Game Tool and to obtain the effectiveness of the Little Uno Educational Game Tool in Improving the Symbolic Thinking Ability of Children aged 5-6 years through validation of material experts and media experts as well as trials with children aged 5-6. year. This study uses the Research and Development (R&D) research method with the ADDIE (Analysis-Design Development-Implementation and Evaluation) development model. The validation test of material experts and media experts by lecturers of the PG-PAUD department, Faculty of Education, UNESA obtained results of 99% material validation and 94% media validation so that it was declared fit for use without revision. The subject of the trial was carried out on 5 children aged 5-6 years in the Bungah sub-district with observation techniques with the results of 1) 5 out of 5 children knew the letter AZ well, 2) 5 out of 5 children were able to show the capital letter AZ symbol well, 3) 5 of 5 children are able to show the lowercase letters AZ well, 4) 4 out of 5 children know Vowels 5) 4 out of 5 children know consonants 6) 4 out of 5 children are able to pronounce vowel symbols 7) 5 out of 5 children are able to complete letters into a word well, 8) 4 out of 5 children are able to arrange letters into a word well, 9) 5 out of 5 children are able to read words on picture cards well. The conclusion from this development research is that the Little Uno Educational Game Tool is suitable for children aged 5-6 years and is effective in improving symbolic thinking skills
Keywords: Educational Play Tools, Symbolic Thinking, 5-6 year olds