Adanya perusahaan yang melakukan restrukturisasi utang, lalu pailit pada tahun kedua setelah restrukturisasi utang dilakukan dan perusahaan yang merestruktur utang yang sama dua kali. Fenomena tersebut menjadi indikasi moral hazard yang menunjukkan bahwa restrukturisasi utang hanya dimanfaatkan perusahaan untuk menghindari atau menunda status gagal bayar tanpa perbaikan kinerja yang nyata sesuai tujuan restrukturisasi utang pada awalnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak restrukturisasi utang pada kinerja keuangan perusahaan pada periode setelah restrukturisasi utang. Sampel penelitiannya adalah perusahaan pelaku restrukturisasi utang tahun 2012-2016 yang sahamnya tercatat di Bursa Efek Indonesia. Dampaknya dilihat melalui ada atau tidaknya perbedaan signifikan pada kinerja keuangan sebelum dan sesudah restrukturisasi utang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa restrukturisasi utang ternyata tidak memperbaiki kinerja keuangan perusahaan.
Kata Kunci: Restrukturisasi Utang, Profitabilitas, Likuiditas, dan Nilai Pasar
The case of an Indonesian company that made a debt restructuring went bankrupt in the second year after the debt restructuring was carried out, and the case of a company that restructuring the same debt twice indicate of moral hazard. That phenomenon indicated that debt restructuring was only used by the company to avoid or delay default status without improving their real firm performance according to the purpose of debt restructuring at first. This study aims to determine the impact of debt restructuring on the company's financial performance in the period after debt restructuring. The research sample is the debt restructuring company players in 2012-2016 whose its shares are listed on the Indonesia Stock Exchange. The impact is seen through the presence of significant differences in financial performance before and after debt restructuring. The results showed that debt restructuring did not improve the company's financial performance.
Keywords: Debt Restructuring, Profitability, Liquidity, and Market Value