PROFIL MISKONSEPSI PADA SUBMATERI STRUKTUR DAN FUNGSI SEL MENGGUNAKAN FOUR TIER TEST
MISCONCEPTION PROFILE IN STRUCTURE AND FUNCTION OF CELL SUBMATERIES USING FOUR TIER TEST
Miskonsepsi adalah ketidaksamaan konsep yang dimiliki siswa dengan konsep yang telah disepakati oleh para ahli. Tujuan pada penelitian ini yaitu (1) Mendeskripsikan profil miskonsepsi pada submateri struktur dan fungsi sel (2) Mendeskripsikan faktor penyebab terjadinya miskonsepsi pada submateri struktur dan fungsi sel. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif menggunakan tes diagnostik Four tier test dan wawancara. Subjek uji penelitian ini yaitu 70 siswa kelas XI MIPA MAN 1 Mojokerto dan guru biologi. Dari keseluruhan data memberikan hasil bahwa nilai rata-rata miskonsepsi pada submateri struktur dan fungsi sel sebesar 48,6%, paham konsep sebesar 15,2% dan belum paham konsep sebesar 36,2%. Faktor penyebab miskonsepsi dapat dibedakan menjadi 6 faktor, yaitu pengetahuan siswa, guru, buku teks, media pembelajaran, cara mengajar dan konteks.
Misconceptions are the different concepts that students have with concept of the expert agreed. The purpose of this research was (1) Described the profile of students misconceptions in structure and function of cell material using diagnostic test four tier test (2) Described the causal factor of the misconceptions at structure and function of cells submateries. Type of this research is quantitative descriptive used diagnostic test four tier test and interview. Research subjects were 70 studentsat grade XI MIPA MAN 1 Mojokerto and biology teachers. From the overall data gives the results that the average value of misconceptions in the submateries of the structure and function of cells was 48.6%, understand the concept of 15.2% and not understand the concept of 36.2%. Factors causing misconceptions can be divided into 6 factors, namely the knowledge of students, teachers, textbooks, instructional media, ways of teaching and context.