Pengembangan Sistem Isyarat Kunci Komunikasi Sosial Bagi Peserta Didik MDVI di SLB A YPAB Surabaya
Key Sign System for MDVI Social Communication at SLB A YPAB Surabaya City
Permasalahan utama peserta didik MDVI yakni pada aspek berkomunikasi khususnya dalam mengungkapkan kebutuhan dasar sehari-hari. Tidak semua dapat memahami apa yang sedang diinginkan anak MDVI, sehingga orang tua selalu mendampingi putranya di sekolah, karena mereka sedikit banyak memahami isyarat/clue komunikasi anaknya. Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan produk berupa desain cara atau strategi komunikasi sosial untuk pemenuhan dalam mengungkapkan kebutuhan dasar MDVI dengan merujuk pada hal yang sudah dikenali dan disenangi anak berupa isyarat kunci kebutuhan dasar (makan, minum, tidur, berpakaian, toileting). Penelitian ini menggunakan desain pengembangan ADDIE dari Branch 2010 yang dimodifikasi hanya dibatasi pada tahap Pengembangan (development). Teknik pengumpulan data meliputi hasil observasi, hasil wawancara dan teknik validasi yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli desain. Untuk mengetahui bahwa produk ini sesuai dan layak dengan melihat hasil analisis skor instrumen validasi ahli. Dari data uji validasi ahli, mendapatkan skor persentase 82,14% dari ahli materi, untuk kesesuaian konsep kebutuhan dasar dan komunikasi sosial pada model sistem isyarat kunci komunikasi sosial dan skor 85,71 dari ahli desain yakni, kesesuaian desain model sistem isyarat kunci komunikasi sosial isyarat kunci untuk diimpelemntasikan dalam menemukan isyarat kunci anak MDVI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa temuan sistem isyarat kunci komunikasi sosial ini layak digunakan untuk menemukan cara anak MDVI dalam berkomunikasi khususnya dalam mengungkapkan kebutuhan dasar sehari-hari yang ditunjukkan dalam bentuk respon gestur, aktivitas, verbal dan campuran.
The main problem for MDVI students is the communication aspect, especially in expressing basic daily needs. Not everyone can understand what MD children want, so parents always accompany them at school, because they look closely at their child's communication instructions. The purpose of this research is to produce a product in the form of a design method or social communication strategy to fulfill the expression of basic MDVI needs by referring to things that are already known and liked by children in the form of key basic needs (eating, drinking, sleeping, dressing, toileting). This study uses the ADDIE development design from Branch 2010 which is only limited to the development stage. Data collection techniques include the results of observations, interviews and validation techniques carried out by material experts and design experts. To find out that this product is appropriate and feasible by looking at the results of the expert validation instrument score analysis. From the expert validation test, the percentage score was 82.14% from material experts, to get material needs and 85.71 social communication system models from design experts, namely, key key communication system models to be implemented in finding MDVI child keys. The results show that the findings of this key social communication system are appropriate to be used to find ways for MDVI children to communicate, especially in expressing basic daily needs which are shown in the form of gestural responses, activities, and verbal mixes.