Pengaruh Literasi Ekonomi dan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumsi Yang Dimediasi Oleh Kontrol Diri
The Effect of Economic Literacy and Peers on Consumption Behavior Mediated by Self-Control
Siswa SMA termasuk dalam kategori remaja, mereka masih belum mampu mengontrol diri secara maksimal karena masih dalam tahap pencarian jati diri. Hal ini dapat memicu perilaku konsumsi yang tidak rasional. Diperlukan literasi ekonomi dan lingkungan teman sebaya yang baik serta kontrol diri yang positif agar siswa dapat berperilaku rasional. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh literasi ekonomi dan teman sebaya terhadap perilaku konsumsi melalui pengendalian diri. Penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dalam menentukan sampel. Data penelitian diambil dari 102 responden yang dianalisis menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pemodelan persamaan struktural. Hasil penelitian ini adalah (1) adanya pengaruh yang tidak signifikan dan positif antara literasi ekonomi terhadap kontrol diri. (2) adanya pengaruh yang signifikan dan positif literasi ekonomi terhadap perilaku konsumsi. (3) adanya pengaruh yang signifikan dan negatif antara teman sebaya terhadap kontrol diri. (4) keberadaan berpengaruh positif dan signifikan antara teman sebaya terhadap perilaku konsumsi. (5) adanya pengaruh positif dan signifikan kontrol diri terhadap perilaku konsumsi. (6) adanya pengaruh positif dan tidak signifikan dari kontrol diri sebagai variabel mediasi pengaruh literasi ekonomi terhadap perilaku konsumsi. (7) adanya pengaruh negatif dan tidak signifikan dari kontrol diri sebagai variabel mediasi pengaruh teman sebaya terhadap perilaku konsumsi.
Kata kunci: Literasi ekonomi, teman sebaya, kontrol diri, perilaku konsumsi.
High school students are included in the category of teenagers, they are still not able to control themselves optimally because they are still in the stage of finding their identity. This can trigger irrational consumption behavior. Economic literacy and good peer environment and positive self-control are needed so that students can behave rationally. In this study using quantitative methods. The purpose of this study was to determine the effect of economic literacy and peers on consumption behavior through self-control. This study uses a simple random sampling technique in determining the sample. The research data were taken from 102 respondents who were analyzed using a quantitative approach with structural equation modeling. The results of this study are (1) there is an insignificant and positive effect between economic literacy on self-control. (2) there is a significant and positive influence of economic literacy on consumption behavior. (3) there is a significant and negative influence between peers on self-control. (4) the existence of a positive and significant effect between peers on consumption behavior. (5) there is a positive and significant effect of self-control on consumption behavior. (6) there is a positive and insignificant effect of self-control as an intervening variable of the effect of economic literacy on consumption behavior. (7) the existence of a negative and insignificant influence of self-control as an intervening variable of peer influence on consumption behavior.
Keywords: Economic literacy, peers, self-control, consumption behavior