Analisis Kemacetan Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Ahmad Yani Gedangan Kabupaten Sidoarjo
Analysis of Traffic Congestion on Ahmad Yani Gedangan Road Sidoarjo Regency
Abstrak
Kabupaten Sidoarjo merupakan Kabupaten dengan jumlah penduduk terbanyak nomer 3 di Jawa Timur Setelah Kota Surabaya dan kota Malang. Banyaknya jumlah penduduk yang meningkat setiap tahun juga akan mempengaruhi pertambahan kendaraan transportasi milik pribadi. Pertambahan kendaraan yang tinggi akan menyebabkan terjadinya kemacetan. Salah satu titik kemacetan di Sidoarjo yaitu di ruas Jalan Ahmad Yani Gedangan. Tujuan analisis penelitian ini yaitu untuk mengetahui kapasitas jalan, kondisi lalu lintas jalan, dan juga analisis kemacetan secara geografis.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Teknik analisis kemacetan pada ruas jalan ini akan dianalisis berdasarkan Manual Kapasitan Jalan Indonesia (MKJI) 1997 dan kajian geografis secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa volume kendaraan yang melebihi batas maksimal kapasitas jalan kecuali pada hari sabtu dan minggu pukul 06.00-07.00 WIB. Kajian Geografis menunjukkan jika kemacetan pada ruas jalan Ahmad Yani Gedangan terjadi karena kapasits jalan tidak lagi mampu menampung volume kendaraan. Kemacetan juga menyebabkan terjadinya kebisingan yang selalu melebihi batas dari kebisingan di kawasan perdagangan dan jasa (70 dB).
Kata Kunci : Kemacetan lalu lintas, Kapasitas jalan, Analisis geografis
Abstract
Sidoarjo Regency is the Regency with the 3rd largest population in East Java after Surabaya and Malang. The number of people who increase every year will also affect the increase in privately owned transportation vehicles. The high number of vehicles will cause traffic jams. One of the congestion points in Sidoarjo is on Ahmad Yani Gedangan road. The purpose of this research analysis is to determine road capacity, road traffic conditions, and also to analyze geographical congestion.
This type of research uses quantitative research with survey methods. The congestion analysis technique on this road section will be analyzed based on the 1997 Indonesian Road Capacity Manual (MKJI) and a descriptive geographical study.
The results showed that the volume of vehicles that exceeded the maximum road capacity except on Saturdays and Sundays at 06.00-07.00 WIB. Geographical studies show that congestion on the Ahmad Yani Gedangan road section occurs because the road capacity is no longer able to accommodate the volume of vehicles. Congestion also causes noise that always exceeds the noise limit in the trade and service area (70 dB).
Keywords: Traffic jams, Road capacity, Geographic analysis