Kemampuan Mengenal bentuk geometri merupakan bagian dari pembelajaran matematika. Dengan mengenal bentuk geometri anak secara tidak langsung anak dapat mengenal dan berpikir matematika logis. Berfikir matematis logis merupakan kemampuan berfikir secara rasional. Anak kelompok A TK Muslimat NU 82 Sambisari Taman Sidoarjo, dalam pengenalan bentuk geometri masih mengalami kesulitan yang dihadapi. Dalam pelaksanaannya, tidak semua ruang kelas di TK tersebut memiliki media yang mendukung dalam pengenalan bentuk geometri. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengenal bentuk geometri secara efektif dan menyenangkan. Dalam kegiatan pengenalan bentuk geometri peneliti melakukan kegiatan yang menarik untuk melatih kognitif anak melalui kegiatan mencetak playdough untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal bentuk-bentuk geometri (lingkaran, persegi, dan segitiga), karena media playdough merupakan media yang sangat tepat selain media playdough tersebut aman untuk anak, playdough juga memiliki tekstur yang lembut serta memiliki warna yang beragam. Sehingga penelitian ini dapat memberikan pembelajaran yang kreatif, inovatif, serta menyenangkan bagi anak kelompok A di TK Muslimat NU 82 Sambisari Taman Sidoarjo sesuai dengan tahap perkembangan anak.
Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif.Dalam penelitian ini digunakan model atau jenis one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah anak kelompok A di TK Muslimat NU 82 Sambisaro Taman Sidoarjo yang berjumlah 20 anak. Waktu yang digunakan dalam penelitian ini adalah 7 kali pertemuan1 kali pre-test, 4 kali treatment, dan dilanjutkan 2 kali post-test. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji jenjang bertanda Wilcoxon (wilcoxon match pairs test)
Berdasarkan hasil penelitian yang menunjukkan perbedaan analisis data tentang kemampuan mengenal bentuk geometri sebelum dan sesudah diberi perlakuan menggunakan media playdough pelangidiperoleh hasil perbedaan pre-test dan post-test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Thitung = 0, sedangkan Ttabel dengan subjek 20 anak dengan tarif signifikan 5% = 52 . Dari jumlah angka yang diperoleh berarti Thitung < Ttabel(0 < 52), maka pengambilan keputusannya adalah Ho ditolak dan Ha dapat diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kegiatan mencetak dengan menggunakan playdough pelangi berpengaruh terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak kelompok A di TK Muslimat NU 82 Taman Sidoarjo.
Kata kunci : mencetak playdough, kemampuan mengenal bentuk geometri
Ability to recognize geometric shapes is part of mathematics learning. By recognizing the geometric shapes of children indirectly children can recognize and think logically mathematically. Thinking logically logically is the ability to think rationally. Children of group A in TK Muslimat NU 82 Sambisari Taman Sidoarjo, in the introduction of geometric shapes still faced difficulties. In its implementation, not all classrooms in the kindergarten have media that support the introduction of geometry. One way that can be used to recognize geometric shapes effectively and pleasantly. In the activity of introducing geometric shapes researchers conduct interesting activities to train cognitive children through playdough printing activities to improve the ability of children to recognize geometric shapes (circles, squares, and triangles), because playdough media is very appropriate media besides the playdough media is safe for children, playdough also has a soft texture and has a variety of colors. So that this research can provide creative, innovative and fun learning for group A children in TK Muslimat NU 82 Taman Sidoarjo according to the stage of child development.
This type of research includes the type of experimental research with a quantitative approach. In this study used a model or type of one group pretest-posttest design. The population in this study were children of group A in TK Muslimat NU 82 Sambisari Taman Sidoarjo which numbered 20 children. The time used in this study was 7 meetings 1 time pre-test, 4 times treatment, and continued 2 times post-test. Data collection techniques in this study used observation. The data analysis technique used in this study is the Wilcoxon match pairs test.
Based on the results of the study which shows the difference in data analysis about the ability to recognize geometric shapes before and after being treated using rainbow playdough media, the results of the difference between pre-test and post-test were obtained. The results of data analysis showed that Tcount = 0, while Ttable with the subject of 20 children with a significant rate of 5% = 52. From the number of numbers obtained means Tcount < Ttable (0 <52), then the decision is H_0 rejected and Ha can be accepted. Thus it can be concluded that the printing activities using playdoughpelangi affect the ability to recognize geometric shapes in group A children in Muslimat NU Kindergarten 82
Taman Sidoarjo. Keywords: printing playdough, the ability to recognize geometric shapes