ABSTRAK
Intan Ika Ashhabul Maimanah.2020.
Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA
Berbasis Inkuiri Berbantuan Media Flash Card untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa
di Sekolah Dasar pada Materi Cahaya. Makalah Komprehensif, Program Studi
Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing:
(I) Dr. Suryanti, M.Pd. dan Pembimbing (II) Nadi Suprapto, Ph.D.
Kata
Kunci: Inkuiri, Flash card ,
miskonsepsi.
Penelitian
ini merupakan penelitian pengembangan dengan cara mengembangkan perangkat yang dikembangkan
mengikuti model 4D (Four-4 models ) yang terdiri dari 4 tahap, yaitu (1)
tahap pendefinisian; (2) tahap perancangan; (3) tahap pengembangan; (4) tahap
penyebaran. Latarbelakang
penelitian ini adalah adanya temuan permasalahan banyaknya miskonsepsi siswa
pada materi cahaya yang disebabkan strategi dan perangkat pembelajaran yang
masih bersifat konvensional. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui
validitas, keefektifan dan kepraktisan perangkat pembelajaran berbasis
inkuiri berbantuan media flash card untuk mereduksi miskonsepsi
siswa sekolah dasar pada materi cahaya. Hasil perangkat divalidasi oleh dua orang validator.
Desain uji coba skala
besar menggunakan one
grup pretest posttest design yang melibatkan 32 siswa kelas IV B sebanyak 16 siswa dan kelas IV
C sebanyak 16 siswa SDN
Pacarkembang I/192 Surabaya. Perangkat ini dikembangkan untuk 3 kali pertemuan
(2x 35 menit). Sebelum dan sesudah uji coba perangkat dilaksanakan pretest dan posttest .
Penetapan
miskonsepsi yang dialami siswa dengan menggunakan three tier diagnostic test . Untuk memperoleh data digunakan teknik
pengumpulan data berupa: 1)Teknik validasi, 2) Teknik Observasi, 3) Teknik Tes,
dan 4)Teknik Angket. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah
deskriptif kuantitatif. Hasil peelitian menunjukkan: (1) Validitas perangkat
yang dikembangkan dinyatakan sangat valid oleh validator, (2) Kepraktisan
perangkat yang dikembangkan dinyatakan praktis oleh pengamat ditinjau dari
aspek keterlaksanaan perangkat dan aktivitas siswa dalam pembelajaran yang
berkategori sangat baik, dan (3) efektifitas perangkat yang dikembangkan
dinyatakan efektif ditinjau dari penerapan perangkat yang berdampak menurunkan
miskonsepsi siswa kelas IV B yang awalnya sebanyak 51,88% turun menjadi 13,75
%, sedangkan pada siswa kelas IV C yang awalnya sebanyak 61,25% turun menjadi
16,88 % .
Berdasarkan
hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran
berbasis inkuiri berbantuan media flash
card ini berkualitas karena validitas bernilai baik, praktis karena keterlaksanaan
dan aktivitas siswa bernilai baik dan efektif karena telah bedampak menurunkan
miskonsepsi siswa pada konsep cahaya pada skala besar.