ABSTRAK
Khasanah, Uswatun.2020. Penggunaan Galeri Berjalan dalam mengajar membaca teks deskriptif untuk mempromosikan keterampilan berpikir Tingkat Tinggi untuk siswa kelas 7. Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Dr. Oikurema Purwati, M.Appl, dan (II) Ahmad Munir, Ph.D.
Kata kunci: Galeri Walk, Teks deskriptif, Keterampilan berpikir tingkat tinggi.
Studi ini membahas penggunaan galeri jalan dalam mengajar membaca teks deskriptif dan bagaimana cara mempromosikan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengamati pelaksanaan galeri berjalan dalam mengajar membaca teks deskriptif dan bagaimana guru menggunakan keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam mengajar membaca teks deskriptif. Langkah-langkah mengajar yang digunakan dalam galeri berjalan adalah (1) Membuat dan memposting pertanyaan, (2) kelompok siswa, menetapkan peran, dan membangun tim stres, (3) menugaskan stasiun dan memulai komentar, (4) rotasi dan (5) presentasi lisan .
Penelitian kualitatif ini menggunakan observasi non partisipan untuk memperoleh data verbal dari 1 guru dan 38 siswa dalam empat pertemuan observasi kelas. Subjek penelitian ini adalah seorang guru bahasa Inggris yang dianggap sebagai guru bahasa Inggris senior yang menerapkan galeri walk dalam pembelajaran mengajarnya. Panduan observasi dan rekaman video digunakan sebagai instrumen pengumpulan data. Hasil yang diperoleh dari pengamatan adalah (1) guru menerapkan galeri jalan dalam mengajar membaca teks deskriptif sesuai dengan teori dan rencana pelajaran yang disiapkannya. (2) guru menggunakan keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam bentuk pertanyaan tertulis dalam mengajar membaca teks deskriptif.
Sebagai kesimpulan, penggunaan galeri jalan mempromosikan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa dan dapat diimplementasikan dalam pengajaran pembelajaran tidak hanya di kelas membaca tetapi dalam mata pelajaran pembelajaran bahasa Inggris lainnya, galeri jalan memberikan kesempatan seperti itu, yang memungkinkan siswa untuk membahas menarik, terbuka. pertanyaan. Laporan lisan dan guru memiliki pilihan untuk memperpanjang kegiatan ini dengan tugas tertulis. Keterampilan membangun tim juga ditekankan dan Akhirnya, jalan galeri memberi siswa kesempatan untuk bergerak di sekitar kelas, mengarahkan fokus mereka dan mengganggu kelesuan yang kadang-kadang terjadi akibat duduk dalam waktu lama
ABSTRACT
Khasanah, Uswatun.2020. The Use of Gallery Walk in teaching reading descriptive text to promote Higher Order thinking skills for 7th graders. Thesis, Language and Literature Education Study Program, Postgraduate Program Universitas Negeri Surabaya. Advisor: (I) Dr. Oikurema Purwati, M.Appl, and (II) Ahmad Munir, Ph.D.
Keywords: Gallery Walk, Descriptive text, Higher order thinking skills.
This study discussed the use of gallery walk in teaching reading descriptive text and how did it promote students higher order thinking skills. The purpose of this study was to observe the implementation of gallery walk in teaching reading descriptive text and how did the teacher use higher order thinking skills in teaching reading descriptive text. The teaching steps used in gallery walk were (1) Create and post questions, (2) group students, assign the roles, and stress team building, (3) assign station and begin comments, (4) rotation and (5) oral presentation.
This qualitative study used non participant observation to obtain verbal data from 1 teacher and 38 students in four meetings of classroom observation. The subject of this study was an English teacher considered as a senior English teacher who implemented gallery walk in his teaching learning. Observation guide and video recording were used as data collection instruments. The result derived from the observation were (1) the teacher implemented gallery walk in teaching reading descriptive text in accordance with the theory and lesson plan he prepared. (2) the teacher used higher order thinking skills in the form of written questions in teaching reading descriptive text.
In conclusion, the use of gallery walk promoted students higher order thinking skills and can be implemented in teaching learning not only in reading classroom but in other English learning subject, the gallery walk provides such an opportunity, allowing students to address interesting, open ended questions. Oral reports and the teacher has the option of extending this activity with written assignments. Team building skills were also emphasized and Finally, a gallery walk gives students chance to move around the classroom, directing their focus and interrupting the lethargy that sometimes results from being seated for long periods