Pendidikan di Indonesia saat ini menggunakan kurikulum 2013 dimana proses pembelajaran dilakukan dengan menerapkan pendekatan saintifik. Salah satu tahapan dalam pendekatan saintifik adalah tahapan mengamati. Dalam penerapan pendekatan saintifik, guru akan berperan sebagai fasilitator. Salah satu fasilitas belajar yang dapat dipersiapkan oleh guru adalah media pembelajaran, agar membuat proses pembelajaran akan menjadi lebih lancar, efektif dan dapat meningkatkan motivasi siswa. Media pembelajaran yang dapat menunjang proses mengamati yang dapat melibatkan indera penglihatan dan indera pendengaran adalah video. Oleh karena itu, dilakukan pengembangan media pembelajaran video pengamatan dengan menggunakan powtoon pada mata pelajaran praktikum akuntansi lembaga. Tujuan penelitian pengembangan ini yaitu untuk menghasilkan media pembelajaran akuntansi sebagai video pengamatan pada mata pelajaran praktikum akuntansi lembaga kelas XI untuk SMK yang memperoleh kriteria layak digunakan pada saat pembelajaran serta mendapat respon baik dari siswa. Model pengembangan yang digunakan dalam media pembelajaran ini adalah model ADDIE. Penelitian pengembangan ini divalidasi oleh 2 orang ahli materi dan 1 orang ahli media. Uji coba media pembelajaran video pengamatan dilakukan pada 20 orang siswa kelas XI akuntansi di SMKN 1 Surabaya. Hasil validasi ahli materi dan ahli media memperoleh rata-rata persentase sebesar 90,16% dan 91,50% dengan kriteria sangat layak. Kemudian hasil uji coba kepada siswa memperoleh rata rata persentase sebesar 94,64% dengan kriteria sangat dipahami. Hasil keseluruhan validasi ahli dan uji coba memperoleh rata-rata persentase sebesar 92,10% sehingga media pembelajaran yang dikembangkan dapat dikatakan sangat layak digunakan sebagai media pengamatan siswa serta memperoleh respon sangat dipahami oleh siswa.
Kata Kunci : media pembelajaran, video pengamatan, praktikum akuntansi lembaga
Education in Indonesia is using the 2013 curriculum, where the learning process is carried out by applying a scientific approach. One of the stages in the scientific approach is the stage of observing. In applying the scientific approach, the teacher will act as a facilitator. One of the learning facilities that can be prepared by the teacher is learning media, so that the learning process will become smoother, more effective and can improve students motivation. Learning media that can support the process of observing which can involve the sense of sight and hearing is video. Therefore, the development of instructional video learning media was developed by using powtoon in institutional accounting practicum subjects. The purpose of this development research is to produce accounting learning media as an observation video on the subjects of institutional accounting practicum in eleventh-grade for SMK who get the criteria worth using during learning and get a good response from students. The development model used in this learning media is the ADDIE model. This development research was validated by 2 material experts and 1 media expert. The trial video learning media trial was conducted on 20 students of grade XI accounting at SMKN 1 Surabaya. The results of the validation of material experts and media experts obtained an average percentage of 90,16% and 91,50% with very decent criteria. Then the results of trials to students obtain an average percentage of 94,64% with the criteria are very understandable. The overall results of expert and trial validation obtained an average percentage of 92,10% so the learning media developed can be said to be very feasible to use as a medium for student observation and obtaining responses are well understood by students.
Keywords: learning media, video observation, institutional accounting practicum.