PERANCANGAN BUKU LATIHAN MEMBACA UNTUK ANAK USIA 5-6 TAHUN TEMA PERMAINAN TRADISIONAL BENDAWI
DESIGNING READING EXERCISE BOOKS FOR CHILDREN OF AGE 5-6 YEARS TRADITIONAL MATERIAL GAME THEME
Perkembangan teknologi saat ini membuat banyak anak memilih untuk bermain dengan gadgetnya, dimana hal ini membuat mereka terkadang malas membaca buku, sedangkan yang menjadi dasar bagi anak untuk mendapat pengetahuan adalah kemampuan membaca yang baik. Membaca memungkinkan seseorang untuk mampu mempertinggi daya pikirnya, mempertajam daya pandangannya dan memperluas wawasan yang dimiliki. Untuk menanamkan membaca sebagai sebuah pembiasaan dan menjadi budaya yang perlu sejak dini maka perlu disiasati dengan buku latihan membaca. Tujuan perancangan ini adalah pembuatan buku latihan membaca untuk memperkenalkan kata dan simbol agar mudah dimengerti oleh anak usia 5-6 tahun. Metode perancangan yang digunakan adalah dengan melakukan studi literatur terhadap beberapa buku latihan membaca dan buku gambar yang sudah terdapat di pasaran. Hasil media utama dari perancangan ini berupa berupa buku latihan membaca yang berisikan 10 (sepuluh) permainan tradisional bendawi tentang cara bermain beserta penjelasannya. Sedangkan media pendukung yang dihasilkan berupa kaos dan poster yang bergambar permainan bendawi untuk mempromosikan dan mengenalkan permainan bendawi kepada anak-anak.
Kata Kunci : Buku Latihan Membaca, Buku Ilustrasi, Permainan Tradisional Bendawi
The development of technology today makes many children choose to play with their gadgets. This makes them sometimes lazy to read books. The thing that is the basis for children to gain knowledge is good reading skills. Reading allows a person to be able to heighten his thinking power, sharpen his vision and broaden his horizons. To instill reading as a habit and become a culture that needs to be early on, it is necessary to deal with reading practice books. The purpose of this research is to make a reading exercise book to introduce words and symbols so that they are easily understood by children aged 5-6 years. The research method used in this study is to conduct a literature study on several reading practice books and picture books that are already on the market. The results of the main media from this study are the main media in the form of reading practice books containing traditional material games that contain how to play and their explanations. While the supporting media produced are t-shirts and posters with pictures of material games to promote and introduce material games to other children.
Keywords : Reading Practice Books, Illustration Books, Traditional Material Games