Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi pencemaran air dengan menggunakan pendekatan saintifik. Dengan jenis penelitian Pre-Experimental Design dengan rancangan penelitian “one grup pretest-posttest design”. Subjek penelitian ini siswa kelas VII-J SMP Negeri 21 Surabaya tahun ajaran 2018-2019 berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes tulis sebelum perlakuan (pretest) dan sesudah (posttest) dengan soal yang mengandung indikator keterampilan berpikir kritis. Berpikir kritis siswa dikatakan telah meningkat apabila memperoleh N-gain skor sebesar ≥ 0,3 dengan kriteria sedang. Penelitian ini menunjukkan ada peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa menggunakan pendekatan saintifik. Hal tersebut terlihat dari N-gain skor keterampilan berpikir kritis siswa sebesar 0,71 dan masuk dalam kriteria tinggi. Kesimpulan penelitian ini yaitu penerapan pembelajaran pendekatan saintifik pada materi pencemaran air dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.
Kata Kunci : Keterampilan Berpikir Kritis, Pendekatan Saintifik, Pencemaran Air
This sudy aims to increased students’ critical thinking skills on water pollution materials using a scientific approach. This research type is Pre-Experimental Design research with research design “one group pretest-posttest design”. The subjects are students of class VII-J SMPN 21 Surabaya academic year 2018-2019 which 40 students. Data collection techniques using written test methods before treatment (pretest) and posttest (posttest) with a problem that contains indicators of critical thinking skills. Critical Thinking of students is said to have increased when obtaining a N-gain score of ≥ 0,3 with moderate criteria. The results of this study indicate that there is an improvement in students’ critical thinking skills using a scientific approach. This is evident from the N-gain improvement of students’ critical thinking skills by 0,71 and included in high criteria. This conclusion of this research is the application of learning scientific approach on water pollution material can increased students critical thinking skill.
Keywords: Scientific Approach, Critical Thinking Skill, Water Pollution