ABSTRAK
Setiawan, Agus. 2024. Implementasi Pendampingan Hasil Psikotest Minat
Dan Bakat Peserta Didik Dalam Mewujudakan Keterserapan Lulusan (Studi Multi
Situs Di SMK Tamansiswa Mojoagung dan SMK PGRI 2 Jombang) . Program Studi
Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya.
Pembimbing: (I) Prof. Yatim Riyanto, M.Pd. dan (II) Prof. Dr. Hj. Warih
Handayaningrum, M.Pd.
Dalam Undang
– Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Pasal 3 menjelaskan dalam Pasal 15
tahun 2003 menyatakan bahwa sekolah menengah kejuruan (SMK) adalah satuan
tingkat pendidikan menengah untuk mempersiapkan peserta didik untuk bekerja
pada bidang tertentu. SMK adalah suatu pendidikan menengah dan jalur pendidikan
formal dari sistem satuan pendidikan di Indonesia (Irwanto, 2021). Sedangkan
dalam UU No. 12 Tahun 2012 mengatur bahwa Pendidikan Vokasi adalah program
studi yang diselenggarakan oleh pemerintah atau masyarakat dengan keahlian
terapan tertentu. Lulusan SMK harus lebih difokuskan serta diarahkan ke
program-program dalam rangka mengarah serta memberikan kesiapan untuk bekerja,
namun pada kenyataannya, masih banyak lulusan SMK yang belum siap untuk bekerja
sehingga menjadi salah satu penyumbang tingkat pengangguran pertama dengan
prosentase rata – rata selama 3 tahun terakhir sebesar 10,83% (BPS, 2023).
Sekolah
Menengah Kejuruan (SMK) seharusnya mempunya sebuah program kegiatan yang dapat
memacu adanya peningkatan dari keterserapan lulusan ke dunia kerja, sebagai
upaya pengamanan program yang telah ditetapkan Dirjen Vokasi Kementrian
Pendidikan. Salah satu program yang ada pada SMK yakni dengan memberikan
pendampingan secara terstruktur dan terarah kepada peserta didik sehingga
nantinya peningkatan keterserapan lulusan dapat terwujud dengan baik.
Penelitian
yang dilakukan dengan tujuan untuk melihat dan mengevaluasi program
pendampingan hasil psikotest di 2 (dua) situs yang berbeda, yakni SMK
Tamansiswa Mojoagung dan SMK PGRI 2 Jombang. Kedua situs telah menerapkan
program pendampingan yang didasarkan oleh hasil psikotest di masing – masing
situs. Penelitia ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif, dengan metode
observasi kegiatan dan dokumen pada kedua situs serta wawancara mendalam yang
dilakukan kepada informan. Setelah data – data diperoleh dari hasil observasi
dan wawancara, dilakukan preoses triangulasi data sehingga mendapatkan data
valid yang digunakan sebagai penarikan kesimpulan.
Berdasarkan
hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa pelaksaaan program pendampingan peserta
didik hasil psikotest minat dan bakat dalam dunia kerja di kedua situs menunjukkan
peningkatan angka keterserpan dalam dunia kerja. Ditemukan faktor penghambat
internal yang paling dominan dari kedua situs yakni lemahnya motivasi diri dari
peserta didik yang akan didampingi menuju dunia kerja. Sedangkan faktor
pendukung dari pelaksanaan program pendampingan peserta didik untuk masuk ke
dunia kerja dari kedua situs mempunyai hal yang sama yakni adanya dukungan dari
pihak sekolah dan yayasan berupa dukungan finansial yang tertera dalam Rencana
Kerja dan Anggaran Sekolah (RKAS).
Kata Kunci : pendampingan, psikotest, minat dan bakat