Juliandi. 2025. Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis AI Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Prosedur Dan Keterampilan Perawatan Sistem Pengapian Pada Mata Pelajaran Engine Repair Kelas XI SMK Sekolah Indonesia Kota Kinabalu, Sabah Malaysia. Tesis, Program Studi Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Rusijono, M.Pd., dan (II) Dr. Khusnul Khotimah M.Pd.
Kata Kunci: Video Pembelajaran, Pemahaman Prosedur , Keterampilan
Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui kelayakan media video pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman prosedur dan keterampilan peserta didik. Desain penelitian yang digunakan adalah one grup pretest dan post test design dimana kelas yang dianalisis di SMK Sekolah Indonesia Kota Kinabalu, Sabah – Malaysia. Sampling yang ada hanya satu kelompok dengan populasi 25 orang yang kesemuanya menjadi bagian dari penelitian ini.
Hasil menunjukkan bahwa media video pembelajaran perawatan sistem pengapian layak digunakan untuk proses pembelajaran dengan nilai kelayakan rata – rata 80 dari para validator. Media video pembelajaran sistem pengapian berpangruh meningkatkan hasil belajar berupa pemahaman prosedur dengan hasil rata – rata pretest 59.60 dan post test 83,33. Data ini juga dikuatkan dengan nilai N-Gain sebesar 0,56 yang termasuk dalam kategori sedang. Media video pembelajaran sistem pengapian yang sudah diujikan menunjukkan hasil dapat meningkatkan keterampilan peserta didik pada perawatan sistem pengapian. Hasil analisis uji unjuk kerja memperoleh nilai rata – rata pretest 56,60 dan post test 83,40. Data N gain kelas eksperimen uji untjuk kerja sebesar 0,59 yang termasuk dalam kategori sedang. Uji normalitas menunjukkan terdapat perbedaan hasil sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Sedangkan pada uji hipotesis menyatakan bahwa terdapat pengaruh pada hasil belajar.
Hasil ini juga menegaskan bahwa pembelajaran menggunakan media video dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih baik dan relevan, Penelitian ini juga memberi rekomendasi bahwa implementasi teknologi pada proses pembelajaran dapat meningkatkan kwalitas peserta didik.