Nilai-Nilai Karakter dalam Film Animasi “Adit & Sopo Jarwo” dan Relevansinya dengan Pendidikan Karakter bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
Character Values in the Animation Film “Adit & Sopo Jarwo” and Their Relevance to Character Education for Grade IV Elementary School Students
Perkembangan zaman di era global ini, dirasakan semakin marak permasalahan kehidupan bermasyarakat yang tidak mencerminkan kehidupan berbangsa dan bernegara, mulai dari nilai-nilai luhur kearifan bangsa hingga martabat bangsa. Proses akulturasi gaya hidup global yang mayoritas tidak mencerminkan kehidupan bangsa Indonesia ini membuat makin lunturnya nilai luhur bangsa dan negara Indonesia. Masuknya budaya-budaya luar seperti inilah yang secara langsung maupun tidak langsung akan mempengaruhi masyarakat Indonesia, masuknya budaya luar yang diterima oleh masyarakat Indonesia belum tentu sesuai dengan nilai-nilai kepribadian bangsa Indonesia yang luhur.
Masuknya budaya luar yang diterima oleh masyarakat Indonesia mayoritas tidak mencerminkan kehidupan berbangsa dan bernegara. Mayoritas disampaikan melalui media massa, baik itu yang berbentuk visual maupun audio visual berupa film, bahkan beberapa film animasi yang notabene digemari anak-anak memiliki muatan tidak layak. Adegan tidak layak tersebut dapat merekognisi perilaku anak. Salah satu film yang menayangkan banyak muatan nilai positif yang dapat dicontoh anak-anak adalah film Adit & Sopo Jarwo.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis nilai-nilai karakter yang terkandung dalam film animasi Adit & Sopo Jarwo dari lima episode yang diserap dari penggalan dialog antar tokoh dan adegan yang tampak (Eksplisit) yang berlandaskan peraturan presiden nomor 87 tahun (2017) tentang penguatan pendidikan karakter. (2) Tujuan sekundernya adalah mendeskripsikan strategi pendidikan karakter dari guru dan wali siswa dalam menginternalisasikan nilai karakter kepada anak atau siswa kelas IV Sekolah Dasar yang selama ini dipergunakan dengan merelevansikan unsur-unsur temuan nilai karakter pada film animasi Adit & Sopo Jarwo.
Sedangkan Jenis penelitian ini merupakan penelitian library research dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui teknik analisis isi untuk mengelaborasikan temuan nilai-nilai karakter dalam film Animasi Adit & Sopo Jarwo, dan teknik analisis data. Selanjutnya menggunakan teknik wawancara, wawancara dilakukan kepada orang tua, guru, dan siswa kelas IV sekolah dasar, bertujuan untuk mengetahui strategi pendidikan karakter yang selama ini dipergunakan mereka dan untuk memverifikasi nilai-nilai yang terkandung dalam film animasi Adit & Sopo Jarwo, di samping menggali data seputaran fokus permasalahan penelitian kali ini seperti kenakalan pelajar & pembahasan seputar perfilman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari analisis lima episode film animasi Adit & Sopo Jarwo yang dipilih, terdapat 18 nilai karakter dari 18 nilai karakter sesuai dengan presiden nomor 87 tahun (2017) tentang penguatan pendidikan karakter. Setelah melalui kegiatan wawancara, didapatkan hasil yang memperkuat penelitian bahwa orang tua dan guru juga melakukan strategi penguatan pendidikan karakter anak dan mengetahui fenomena terkait seluk beluk tindakan amoral pelajar serta mengetahui bahwa episode film animasi Adit & Sopo Jarwo memiliki banyak muatan nilai karakter.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa film animasi Adit & Sopo Jarwo dapat dijadikan strategi memahamkan nilai karakter tertentu terhadap anak. Karena kekompleksitasan nilai karakter yang disampaikan dalam film ini terbilang sangat lengkap, delapan belas butir nilai karakter semuanya terpresentasikan melalui salah satu film ini.
In this global era, it is felt that there are more and more problems in social life that do not reflect the life of the nation and state, starting from the noble values of national wisdom to national dignity. The process of acculturation of global lifestyles, the majority of which do not reflect the life of the Indonesian nation, has made the noble values of the Indonesian nation and state increasingly fade. The entry of foreign cultures like this will directly or indirectly affect Indonesian society, the entry of foreign cultures accepted by Indonesian people is not necessarily in accordance with the noble values of the Indonesian nation's personality.
The entry of foreign culture accepted by the people of Indonesia the majority does not reflect the life of the nation and state. The majority is conveyed through the mass media, both in the form of visual and audio-visual in the form of films, even some animated films which incidentally are popular with children have inappropriate content. These inappropriate scenes can recognize children's behavior. One of the films that shows a lot of positive values that can be emulated by children is the film Adit & Sopo Jarwo.
This study aims to (1) The main objectives of this study are to analyze the character values contained in the animated film Adit & Sopo Jarwo from five episodes that are absorbed from fragments of dialogue between characters and visible (explicit) scenes based on presidential regulation number 87 of (2017) concerning strengthening character education. (2) The secondary objective is to describe the character education strategy of teachers and student guardians in internalizing character values to children or fourth grade elementary school students which have been used so far by making relevant elements of character value findings in the animated film Adit & Sopo Jarwo .
While this type of research is library research with a qualitative approach. This research method is descriptive qualitative. Data was collected through content analysis techniques to elaborate on the findings of character values in the Adit & Sopo Animated film Jarwo , and data analysis techniques. Furthermore, using the interview technique, interviews were conducted with parents, teachers, and fourth-grade elementary school students, aiming to find out the character education strategies they have used so far and to verify the values contained in the animated film Adit & Sopo Jarwo , in addition to digging up data around the focus of research issues this time such as student delinquency & discussions about film.
The results showed that from the analysis of five episodes of the animated film Adit & Sopo The selected Jarwo , there are 18 character values out of 18 character values in accordance with the president's number 87 year (2017) concerning strengthening character education. After going through the interview activities, the results were obtained which strengthened the research that parents and teachers also carried out strategies to strengthen children's character education and knew phenomena related to the ins and outs of students' immoral acts and learned that episodes of the animated film Adit & Sopo Jarwo have a lot of character values.
Thus, it can be concluded that the animated film Adit & Sopo Jarwo can be used as a strategy to understand certain character values for children. Due to the complexity of the character values conveyed in this film, it is fairly complete, eighteen character values are all presented through one of these films.