USING GRAMMARLY TO IMPROVE WRITING QUALITY OF 9TH-GRADE JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh penggunaan Grammarly untuk meningkatkan kualitas menulis siswa kelas 9 SMP. Penelitian ini menggunakan desain pra-eksperimental dengan jenis One-Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu SMP Swasta di Sidoarjo dengan memilih populasi dari salah satu kelas ICO (International Class Orientation) siswa kelas III. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes menulis esai yang dinilai berdasarkan rubrik penilaian yang mencakup aspek isi, organisasi, kosakata, penggunaan bahasa, dan mekanik. Tes ini diberikan dua kali yaitu sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) siswa menggunakan Grammarly selama dua minggu. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Uji Wilcoxon Rank untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest karena hasil normalitas pada penelitian ini menunjukkan data tidak normal. Hasil tes Wilcoxon adalah Asymp. Sig (2-tailed) menunjukkan skor 0,000. karena 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka dapat disimpulkan hipotesis dalam penelitian ini diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan Grammarly dapat digunakan sebagai alat yang efektif untuk meningkatkan kualitas tulisan siswa. Penelitian ini juga memberikan rekomendasi bagi guru dan siswa untuk mempertimbangkan pengintegrasian teknologi seperti Grammarly dalam pengajaran menulis untuk mencapai hasil belajar yang lebih baik.
Keywords: Junior High School Students, Grammarly, Writing, Writing Quality, Narrative Text
This study aims to evaluate the effect of using Grammarly to improve the writing quality of 9th-grade junior high school students. This research uses a pre-experimental design with the One-Group Pretest-Posttest Design type. This research was carried out at one of the private Junior High Schools in Sidoarjo by choosing the population from one class of ICO (International Class Orientation) of third-grade students. The research instrument used was an essay writing test assessed based on an assessment rubric that included aspects of content, organization, vocabulary, language use, and mechanics. This test was given twice, namely before (pretest) and after (posttest) students used Grammarly for two weeks. The data obtained were analysed using the Wilcoxon Rank Test to determine significant differences between the pretest and posttest results because the normality result in this study shows the data is not normal. The Wilcoxon test result is Asymp. Sig (2-tailed) shows the score of 0.000. since 0.000 is smaller than 0.05, it can be concluded that the hypothesis in this study is accepted. The conclusion of this research is that using Grammarly can be used as an effective tool to improve the quality of students' writing. This research also provides recommendations for teachers and students to consider integrating technology such as Grammarly in teaching writing to achieve better learning outcomes.