Penelitian ini mengkaji bagaimana peran organisasi Himpunan Pelukis Karisidenan Madiun sebagai wadah seniman dan perupa dalam perkembangan seni rupa Madiun selama tahun 1994 sampai 2018 dan bagaimana rekam jejak organisasi Himpunan Pelukis Karesidenan Madiun pada tahun 1994 sampai 2018. Himpunan Pelukis Karesidenan Madiun ( HISMA ) adalah suatu organisasi yang menjadi wadah para pelukis Eks Karesidenan Madiun. Sejak tahun 1994 saat organisasi HISMA resmi dibentuk sampai tahun ini kondisi seni rupa di Madiun mengalami pasang surut. Dalam dinamika tersebut pun belum ada yang menyimpan, meneliti secara komprehensif tentang pergerakkan seni rupa di Madiun.
Kerancuan HISMA adalah sebagai komunitas atau organisasi masih dipertanyakan dalam penelitian ini sekaligus menjawab kerancuan tersebut. HISMA memiliki struktur organisasi dan mempunyai KNIK yang tercatat di PEMKOT, selain itu mereka tidak memiliki batasan-batasan tertentu. Secara fungsi dan peran serta administrasi HISMA tidak sekaku organisasi formal, malah cenderung kepada komunitas.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini merupakan menghimpun dan menyatakan data yang diteliti dalam bentuk gambar dan kata-kata. Selanjutnya adalah menguji keabsahan data dan menganalisisnya lalu tahap terakhir adalah menyimimpulkan hasil analisis.
Munculnya komunitas-komunitas baru di beberapa Eks Karesidenan Madiun dan tergalinya potensi pelukis-pelukis muda juga tidak lepas dari peran HISMA. Dalam Rekam Jejaknya, HISMA mengalami pasang surut eksistensi dan jati diri dalam membangun ekosistem seni rupa di Eks Karesidenan Madiun.
Kata kunci : HISMA, Seni Rupa, Madiun
This study examines the role of the organization of the Madiun Residency Artist Painter as a container for artists and artists in the development of Madiun art during 1994 to 2018 and how the track record of the Madiun Residency Painter Association in 1994 to 2018. The Association of Madiun Residency Painters (HISMA) is an organization which became the container of the ex-Madiun Residency painter. Since 1994 when the HISMA organization was officially formed, the art condition in Madiun has experienced ups and downs. In that dynamic, no one has even stored, researched comprehensively about the movement of art in Madiun.
The confusion of HISMA as a community or organization is still questioned in this study while answering the confusion. HISMA has an organizational structure and has KNIK listed on the PEMKOT, besides that they do not have certain restrictions. In the function and role of HISMA administration it is not as rigid as formal organizations but rather tends to the community.
This type of research used in this study is a type of qualitative descriptive research. This type of research is to collect and express researched data in the form of images and words. Next is to test the validity of the data and analyze it, then the last step is to conclude the results of the analysis.
The emergence of new communities in several ex-residencies in Madiun and the exploration of the potential of young painters is also inseparable from the role of HISMA. In its track record, HISMA experiences ups and downs of existence and identity in building the fine arts ecosystem in the Former Residence of Madiun.
Keyword : HISMA, Fine Arts, Madiun