ABSTRAK
PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBASIS
INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN UNTUK MELATIHKAN
KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS KELAS XII SMA
Nama : Erna
Puji Rahayu
NIM :
15030204036
Program studi : S-1
Pendidikan Biologi
Jurusan :
Biologi
Fakultas :
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Nama Lembaga : Universitas
Negeri Surabaya
Pembimbing :
Dra. Isnawati, M.Si.
Pengembangan buku ajar harus disesuaikan tuntutan Kurikulum 2013 serta
keterampilan abad 21 yaitu keterampilan berpikir kritis. Keterampilan berpikir
kritis merupakan keterampilan menelaah situsi, fenomena, pertanyaan atau
masalah untuk mendapatkan hipotesis atau kesimpulan. Keterampilan tersebut
dilatihkan kepada peserta didik melalui sumber belajar yang diintegrasikan
dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Model inkuiri terbimbing
merupakan model pembelajaran yang menekankan peserta didik mampu memperoleh
konsep-konsep yang akan dipelajari dengan cara menemukan sendiri dengan
bimbingan guru yang dapat dikemas dalam sumber belajar berupa buku ajar. Tujuan
dari penelitian adalah menghasilkan buku
ajar berbasis inkuiri terbimbing pada materi pertumbuhan dan perkembangan untuk
melatihkan keterampilan berpikir kritis yang valid, praktis dan efisien.
Pengembangan buku ajar menggunakan model 4D yaitu define , design , develop tanpa disseminate . Uji coba terbatas dilakukan pada 12 peserta didik
kelas XII MIPA 4 SMAN 1 Gedangan. Data
yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Persentase hasil
validasi buku ajar sebesar 88,46% dengan kategori sangat valid. Persentase
respon peserta didik pada setiap kriteria diperoleh rata-rata sebesar 94,75%
dengan kategori sangat praktis. Keefektifan buku ajar berdasarkan hasil tes
tulis berpikir kritis mendapatkan persentase 92% dengan kategori sangat
efektif. Jadi, berdasarkan data penelitian tersebut dihasilkan buku ajar
berbasis inkuiri terbimbing pada materi pertumbuhan dan perkembangan untuk
melatihkan keterampilan berpikir kritis yang valid, praktis dan efektif.
Kata kunci: Buku ajar, inkuiri
terbimbing, pertumbuhan,
perkembangan, berpikir kritis.