PENGEMBANGAN TES MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA JEPANG SISWA KELAS XI SMA
THE DEVELOPMENT OF JAPANESE READING COMPREHENSION TEST FOR ELEVENTH GRADERS
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan tes membaca pemahaman bahasa Jepang untuk siswa kelas XI SMA yang valid dan reliabel, serta dapat ditentukan kualitas tes yang dikembangkan melalui kegiatan analisis butir soal. Model penelitian yang digunakan merupakan model penelitian Four-D (4D) milik Thiagarajan dengan langkah berikut: (1) Tahap Pendefinisian, (2) Tahap Perancangan, dan (3) Tahap Pengembangan, serta dilakukan analisis butir soal didalamnya. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Peminatan di SMA Negeri 1 Sumenep tahun ajaran 2021/2022. Analisis data yang digunakan yaitu: (1) analisis data kualitatif untuk data hasil analisis kebutuhan berupa silabus, KI, KD, serta bahan ajar yang diajarkan, (2) analisis data kuantitatif berupa uji validitas tes oleh ahli, uji coba keterbacaan teks dengan metode tes cloze, serta analisis butir soal. Penelitian ini menghasilkan produk berupa tes membaca pemahaman dengan dua buah wacana, dan 20 butir soal yang valid dan reliabel.
Berdasarkan prosedur pengembangan tes yang telah dilakukan diperoleh hasil berupa pengembangan tes membaca pemahaman bahasa Jepang dinyatakan layak digunakan. Sedangkan berdasarkan hasil analisis kualitas butir soal diperoleh (1) Nilai tingkat kesulitan tes membaca pemahaman bahasa Jepang diperoleh 3 butir soal dalam kategori sukar (15%), 14 butir soal dalam kategori sedang (70%), dan 3 butir soal dalam kategori mudah (15%). (2) Nilai daya beda butir tes membaca pemahaman bahasa Jepang diperoleh 9 butir soal dalam kategori baik (45%), 4 butir soal dalam kategori cukup (20%), 6 butir soal dalam kategori jelek (30%), dan 1 butir soal dalam kategori harus dibuang (1%). (3) Nilai efektifitas pengecoh tes membaca pemahaman bahasa Jepang diperoleh 14 butir soal yang pengecohnya berfungsi dengan efektif (70%), dan 6 butir soal yang pengecohnya tidak berfungsi dengan efektif (30%). (4) Nilai validitas tes membaca pemahaman bahasa Jepang diperoleh 15 butir soal dalam kategori valid (75%) dan 5 butir soal dalam kategori tidak valid (25%). (5) Nilai reliabilitas tes membaca pemahaman bahasa Jepang menunjukkan angka 0,768 dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan, maka dapat disimpulkan bahwa teks Dokkai dan butir pertanyaan yang telah disusun dapat dinyatakan layak untuk digunakan.
This research aims to develop a valid and reliable Japanese reading comprehension test for 11th graders, and the quality of the test developed through item analysis activities can be determined. The research model used was Thiagarajan’s Four-D (4D) research model with the following steps: (1) Definition Phase, (2) Design Phase, and (3) Development Phase, and analysis of the items in it was carried out. The subjects in this research were students of cross-interest eleventh graders at SMA Negeri 1 Sumenep year 2021/2022. The data analysis used were: (1) qualitative data analysis for data from needs analysis in the form of syllabus, KI, KD, and teaching materials taught, (2) quantitative data analysis in the form of test validity tests by experts, text readability trials with cloze test methods, as well as item analysis. This study produced a product in the form of a reading comprehension test with two discourses text, and 20 items that are valid and reliable.
Based on the test development procedures, the results obtained in the form of developing Japanese reading comprehension tests are confirmed appropriate to be used. Meanwhile, based on the results of the analysis of the quality of the items, it was obtained (1) The difficulty level of the Japanese reading comprehension test obtained 3 items in the difficult category (15%), 14 items in the medium category (70%), and 3 items in the easy category (15%). (2) The value of the differentiating power of the Japanese reading comprehension test items obtained 9 items in the good category (45%), 4 items in the sufficient category (20%), 6 items in the bad category (30%), and 1 item in the category should be discarded (1%). (3) The effectiveness value of the Japanese reading comprehension test distractor was obtained by 14 items that functioned effectively (70%), and 6 items did not function effectively (30%). (4) The validity value of the Japanese reading comprehension test obtained 15 items included in the valid category (75%) and 5 items in the invalid category (25%). (5) The reliability value of the Japanese reading comprehension test showed a score of 0.768 in the high category. Based on this research’s result as a whole, it can be summarized that the Japanese reading comprehension text and the Japanese reading comprehension test are generally considered to be usable.