BILLBOARDS ADVERTISEMENT IN SURABAYA: A STUDY OF LINGUISTICS LANDSCAPE
Papan reklame atau papan iklan biasanya dikenal sebagai media untuk mempromisikan produk-produk atau layanan-layanan. Papan-papan reklame tersebut dapat dengan mudah ditemukan meskipun di kota kecil. Papan iklan tersebut tidak dapat dipisahkan dengan kebahasaan yang digunakan. Bahasa pada sebuah iklan membantu pengiklan untuk memperkenalan sisi baik atau positif dari produk yang akan dijual. Pada penelitian ini, papan-papan iklan di Surabaya dipilih untuk dianalisis melalui pembelajaran Linguistics Landscape. Penelitian ini memfokuskan penelitiannya pada bahasa yang muncul di papan-papan iklan di Surabaya sebagai fenomena dari Linguistics Landscape. Data dari penelitian ini diambil dari papan-papan reklame yang ada di kota Surabaya, Jawa Timur. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teori dari Linguistics Landscape sebagai sebuah pendekatan dari penggunaan bahasa yang terjadi di ruang publik, objek dari penelitian ini adalah papan reklame. Riset ini menggunakan penelitian kuantitati dan kualitatif untuk menganalisis data dan menggunakan penjelasan deskriptif pada hasil dari analisis data. Tujuan dari riset ini adalah untuk menemukan bahasa yang muncul pada papan-papan iklan yang ada di Surabaya, bahasa yang palig sering digunakan oleh pengiklan, dan alasan dari penggunaan suatu bahasa tertentu pada papan-papan reklame atau iklan. Hasil dari penelitian ini sebagai berikut; terdapat 3 bahasa yang digunakan oleh pengiklan pada papan-papan iklan, dan sebagian besar mengabungkkan bahasa pada kalimat iklan. Penggabungan tersebut memiliki bebrapa alasan, yaitu; untuk menunjukkan kemodernan, kewibawaan, mode atau fashion, kepraktisan, dan sebagai ciri khas dari suatu produk.
Billboards advertisement is well known as a media in introducing the products or services. It can be easily found in everywhere even in the small city. Billboards advertisement cannot be separated from the languages that are used in them. Language in advertisement helps the advertiser in introducing and explaining the goodness of the product being sold. In this study, billboard advertisement in Surabaya is chosen to be analyzed through a study of Linguistics Landscape. This research focuses on analyzing the language that appears in billboards advertisement in Surabaya as a Linguistics Landscape phenomenon. The data for this study are taken from the billboard advertisement located in Surabaya, East Java. This study is done by Linguistic Landscape as an approach to the use of languages in public space, the object of the study is billboards advertisement. This research uses quantitative and qualitative methods in analyzing the data and descriptive reports in explaining the result. The aim of this study is to find out the language that exists in billboards advertisement in Surabaya, the most language that used by the advertisers, and the reason of the appearing particular language in billboards advertisement. The results of this finding are, there are three languages that used in billboards advertisement in Surabaya, and most of them do combining language. The mixing language has several reasons, those are: as modernity, prestige, fashion, practicability, and as a product sign.