PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI BIOGRAFI BUNG TOMO DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS DEVELOPMENTAL APPROACH TRANSFORMATIF DI SMAN 1 KREMBUNG
CHARACTER EDUCATION THROUGH BUNG TOMO'S BIOGRAPHY IN HISTORY LEARNING BASED ON TRANSFORMAL DEVELOPMENTAL APPROACH AT SMAN 1 KREMBUNG
Pendidikan karakter untuk sekarang ini mutlak diperlukan bukan hanya di sekolah saja, melainkan juga di lingkungan rumah bahkan juga lingkungan sosial. Peserta pendidikan karakter bukan lagi dari anak usia dini saja, tetapi juga di usia dewasa. Karena pendidikan karakter sangat diperlukan untuk kelangsungan hidup bangsa kedepannya. Pendidikan karakter merupakan kebutuhan yang berkelanjutan dalam membangkitkan dan untuk menguatkan kesadaran masyarakat Indonesia bahwa masa depan yang lebih baik harus diupayakan dengan membangun dan menguatkan karakter dari bangsa Indonesia. Masih banyak sekali kenakalan remaja yang terjadi di Indonesia, terutama pada anak diusia yang masih sekolah.
Pada penelitian ini peneliti akan menggunakan media biografi dari Bung Tomo dengan menggunakan pendekatan approach-transformatif di dalam pembelajaran sejarah. Yang dimana penerapan yang dilakukan disini yaitu dengan melalui biografi sebagai penguatan karakter dari peserta didik. Dari uraian diatas, terdapat rumusan masalah yang diantaranya adalah : 1) nilai-nilai apa saja yang terdapat pada ketokohan Bung Tomo dalam perjuangan 10 November, 2) bagaimana pendidik dapat mengaplikasikan atau mentranformasikan nilai-nilai karakter ketokohan Bung Tomo ke dalam proses pembelajaran sejarah. Berdasarkan rumusan masalah yang ada, maka tujuan dari penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui karakter dari Bung Tomo yang berani, bertanggung jawab, jujur, dapat dipercaya, tegas, setia, dan lain-lainnya. 2) mendeskripsikan peranan pendidik dalam mentransformasikan pendidikan karakter melalui biografi sejarah Bung Tomo dengan menampilkan powerpoint dan juga video-video atau gambar-gambar dan juga bahkan dengan memberikan tugas-tugas yang menyangkut pautkan tentang pendidikan karakter melalui biografi dari Bung Tomo.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian sejarah yang terdiri dari empat tahapan yang digunakan oleh peneliti yaitu heuristic, kritik, interpretasi dan historiografi. Penerapan karakter-karakter yang diberikan sangat banyak sekali, dan aspek yang paling penting yaitu sikap jujur. Diharapkan dengan adanya media biografi, peserta didik kelas XI IPS 2 SMAN 1 Krembung menjadi tidak bosan dan tertarik dalam pembelajaran sejarah, bisa mengamalkan sikap jujur untuk kedepannya, lebih mengenal dan mencintai bangsa dan para pejuangnya.
Kata kunci : Pendidikan karakter, Biografi, Jujur
Character education for now is absolutely necessary not only in school, but also in the home environment and even in the social environment. Character education participants are no longer from early childhood only, but also in adulthood. Because character education is indispensable for the survival of the nation in the future. Character education is a sustainable need in raising and to strengthen the awareness of the Indonesian people that a better future must be pursued by building and strengthening the character of the Indonesian nation. There are still a lot of juvenile delinquency that occurs in Indonesia, especially in children at the age of still in school.
In this study, researchers will use biographical media from Bung Tomo by using approach-transformative approach in historical learning. Which is where the application is done here is through biography as a strengthening of the character of the learners. From the description above, there is a problem formulation that includes: 1) what values are contained in bung tomo's role in the struggle of November 10, 2) how educators can apply or reform the values of bung tomo's character into the process of learning history. Based on the formulation of existing problems, the purpose of this research is: 1) to know the character of Bung Tomo who is brave, responsible, honest, trustworthy, assertive, loyal, and others. 2) describe the role of educators in transforming character education through historical biographies of Bung Tomo by displaying powerpoints as well as videos or pictures and also by providing tasks related to character education through biographies of Bung Tomo.
In this study, researchers used historical research methods consisting of four stages used by researchers, namely heuristics, criticism, interpretation and historiography. The application of the characters given is very much, and the most important aspect is honest attitude. It is expected that with the biographical media, students of class XI IPS 2 SMAN 1 Krembung become not bored and interested in learning history, can practice honest attitude for the future, better know and love the nation and its fighters.
Keywords : Character education, Biography, Honesty