PENGEMBANGAN BAHAN AJAR EBOOK PADA MATA PELAJARAN PRAKTIKUM AKUNTANSI LEMBAGA BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK SMK
Nama : Septi Rahmawati
NIM : 15080304024
Program Studi : S1 Pendidikan Akuntansi
Jurusan : Pendidikan Ekonomi
Fakultas : Ekonomi
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Susanti, S.Pd., M.Si.
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar ebook pada mata pelajaran praktikum akuntansi lembaga berbasis kontekstual untuk SMK. Tujuan penelitian untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar ebook, menganlisis kelayakan bahan ajar ebook, dan menganalisis respon peserta didik terhadap bahan ajar ebook. Penelitian pengembangan ini dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan 4D dari Thiagarajan, Semmel dan Semmel yaitu pedefinisian, perancangan, dan pengembangan, tahap penyebaran tidak dilakukan. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMKN 1 Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan hasil rata rata kelayakan yang diperoleh dari para ahli sebesar 84,6% dengan kriteria sangat layak. Komponen kelayakan materi memperoleh hasil sebesar 86,4% dengan kriteria sangat layak, komponen kelayakan bahasa sebesar 83,8% dengan kriteria sangat layak, dan komponen kelayakan grafis memperoleh hasil sebesar 84,3% dengan kriteria sangat layak. Uji coba produk juga menunjukkan bahan ajar ebook yang dikembangkan mendapat respon baik dari para peserta didik dengan perolehan hasil respon peserta didik sebesar 96,1% dengan kriteria sangat dipahami.
Kata Kunci: Bahan Ajar Ebook, Kontekstual, Praktikum Akuntansi Lembaga
DEVELOPMENT OF EBOOK TEACHING MATERIALS ON INSTITUTIONAL ACCOUNTING PRACTICUMS CONTEXTUAL BASED FOR SMK
Name : Septi Rahmawati
Study Program : S1 Pendidikan Akuntansi
Departement : Pendidikan Ekonomi
Faculty : Ekonomi
Institution Name : Universitas Negeri Surabaya
Adviser : Dr. Susanti, S.Pd., M.Si.
This development research aims to produce a product in the form of ebook teaching materials on contextual based, institutional accounting practicum subjects for SMK. The purpose of the study is to analyze the process of developing ebook teaching materials, analyze the feasibility of ebook teaching materials, and analyze students responses to ebook teaching materials. This development research is developed using the 4D development model of Thiagarajan, Semmel and Semmel namely defining, designing, and developing, the dessiminate stage is not carried out. The subjects in this study are students of eleventh grade of SMKN 1 Surabaya. The results is shown the average results of eligibility obtained from experts amounted to 84.6% with very decent criteria. The material eligibility component obtained 86.4% with very decent criteria, the language feasibility component is 83.8% with very feasible criteria, and the graphic feasibility component obtained 84.3% results with very decent criteria. Product trials also show that ebook teaching materials that are developed, receive good responses from students with the acquisition of student response results of 96.1% with very understandable criteria.
Keyword: Ebook Teaching Materials, Contextual, Institutional Accounting Practicums.