Pengembangan Media Permainan Papan Trivia Kebiasaan Menyontek Untuk Peserta Didik Kelas X-12 SMAN 1 Gedangan
Game Media Development Cheating Habits Trivia Board For Student Of Grade X-12 SMAN 1 Gedangan
Perilaku menyontek merupakan perilaku yang tidak benar tidak dapat dipungkiri bahwa perilaku menyontek masih banyak dilakukan oleh peserta didik, jika terus dibiarkan hal ini akan membentuk kepribadian buruk bagi peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan R&D (Research and Development) yang bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa permainan papan trivia kebiasaan menyontek yang memenuhi kriteria aksepbilitas yakni terdiri atas kegunaan, kelayakan, ketepatan, dan kepatutan.
Berdasarkan hasil validasi dan uji coba oleh ahli materi, ahli media, dan calon pengguna diperoleh hasil CVI aspek kegunaan sebesar 0,83 dengan kategori sangat sesuai, aspek kelayakan sebesar 0,83 dengan kategori sangat sesuai, aspek ketepatan sebesar 0,9 dengan kategori sangat sesuai, dan aspek kepatutan sebesar 1 dengan kategori sangat sesuai. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa permainan papan trivia kebiasan menyontek telah memenuhi kriteria aksepbilitas yang meliputi aspek kegunaan, kelayakan, ketepatan, kepatutan.
Kata kunci : Pengembangan, Permainan Papan, Trivia, Kebiasaan Menyontek
Cheating behavior is improper behavior, it is undeniable that cheating behavior is still widely carried out by students, if this continues to be allowed this will form a bad personality for students. This research is a type of R&D (Research and Development) development research that aims to produce a product in the form of a cheating habit trivia board game that meets acceptance criteria, consisting of usefulness, feasibility, accuracy, and appropriateness.
Based on the results of validation and trials by material experts, media experts, and prospective users, CVI results were obtained on usability aspects of 0.83 with very appropriate categories, feasibility aspects of 0.83 with very appropriate categories, accuracy aspects of 0.9 with very appropriate categories, and appropriateness aspects of 1 with very appropriate categories. Thus it can be concluded that the trivia board game cheating habit has met the criteria of acceptability which include aspects of usability, feasibility, accuracy, appropriateness.
Keywords : Development, Board Games, Trivia, Cheating Habits