Hubungan Antara Nilai-Nilai Karakter Dan Dukungan Teman Sebaya Dengan Penyesuaian Akademik Siswa Kelas XI Di SMAN 3 Palangka Raya.
The Relationship Between Character Values And Peer Support With Academic Adjustment Of Class XI Students At SMAN 3 Palangka Raya.
ABSTRAK
Widyasti, Evany. 2023. Hubungan Antara Nilai-Nilai Karakter Dan Dukungan Teman Sebaya Dengan Penyesuaian Akademik Siswa Kelas XI Di SMAN 3 Palangka Raya. Tesis, Program Studi Bimbingan Konseling, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Dr. Hadi Warsito Wiryosutomo, M.Si., Kons. dan (II) Prof. Dr. Maria Veronika Roesminingsih, M.Pd.
Kata-kata Kunci: Hubungan, Nilai-Nilai Karakter, Dukungan Teman Sebaya, Penyesuaian Akademik
Salah satu kendala utama yang dihadapi dunia pendidikan di Indonesia adalah rendahnya penyesuaian akademik dimana siswa masih sulit menyesuaikan diri dengan perubahan akademik dari tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) ke Sekolah Menengah Atas (SMA) yang diterapkan di sekolah. Peneliti menemukan fenomena penyesuaian akademik yang terjadi di SMAN 3 Palangka Raya khususnya siswa kelas XI IPS dari hasil wawancara dengan koordinator BK Ibu Erna Sugiarti, S.Pd yaitu siswa yang melanggar tata tertib di sekolah sebanyak 90 siswa atau 49%, tidak mengerjakan tugas pekerjaan rumah (PR) sebanyak 24 siswa atau 13% dan tidak sopan sebanyak 12 siswa atau 6%.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara nilai-nilai karakter dan dukungan teman sebaya dengan penyesuaian akademik siswa kelas XI di SMAN 3 Palangka Raya.
Populasi lebih dari 100 orang maka diambil 10% dari jumlah populasinya. Jadi sampel penelitian ini diambil dari 3 kelas sebanyak 110 siswa yaitu siswa kelas XI IPS 1 berjumlah 37 orang, kelas XI IPS 2 berjumlah 36 orang, dan kelas XI IPS 3 berjumlah 37 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode kuantitatif korelasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik sampling sistematis. Data dikumpulkan melalui instrumen angket yang terdiri dari dua variabel independen dan satu variabel dependen dengan menggunakan skala likert. Untuk menghitung uji asumsi prasyarat yaitu menggunakan uji normalitas dan linieritas sedangkan untuk menganalisis data menggunakan teknik regresi linier ganda. Dapat disimpulkan bahwa :
1. Ada hubungan yang signifikan pada nilai-nilai karakter dengan penyesuaian akademik, dilihat dari nilai perhitungan uji hipotesis dimana nilai t hitung sebesar 0,545 lebih kecil dari t tabel sebesar 1.66088 dan nilai koefisien regresi dengan tingkat signifikansi sebesar 0,587, nilai signifikan tersebut lebih besar dari 0,05.
2. Ada hubungan yang signifikan pada dukungan teman sebaya dengan penyesuaian akademik, dilihat dari nilai perhitungan uji hipotesis dimana nilai t hitung sebesar 3.931 lebih besar dari t tabel sebesar 1.66088 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari α 0,05.
3. Ada hubungan yang signifikan pada nilai-nilai karakter dan dukungan teman sebaya dengan penyesuian akademik dinyatakan diterima yang dihasilkan dari hasil uji simultan (Uji F) diperoleh hasil signifikan sebagaimana ditunjukkan oleh angka 0,000 < 0,05.
ABSTRACT
Widyasti, Evany. 2023. The relationship between character values and peer support with academic adjustment of Grade XI students at SMAN 3 Palangka Raya. Thesis, Counseling Guidance Study Program, Postgraduate, Surabaya State University. Supervisor: (I) Dr. Hadi Warsito Wiryosutomo, M.Si., Cons. and (II) Prof. Dr. Maria Veronika Roesminingsih, M.Pd.
Key Words: Relationship, character values, peer support, academic adjustment
One of the main obstacles facing the world of education in Indonesia is the low academic adjustment, where students are still difficult to adjust to academic changes from Junior High School (SMP) to Senior High School (SMA) level applied in school. Researchers found the phenomenon of academic adjustment that occurred at SMAN 3 Palangka Raya, especially students of class XI IPS from the results of interviews with the BK Coordinator Mrs. Erna Sugiarti, S.Pd, namely students who violated the rules at school as many as 90 students or 49%, did not do homework as many as 24 students or 13% and were disrespectful as many as 12 students or 6%.
This study aims to determine the relationship between character values and peer support with academic adjustment of Class XI students at SMAN 3 Palangka Raya.
The population is more than 100 people so 10% of the population is taken. So the sample of this study was taken from 3 classes of 110 students, namely students of class XI IPS 1 total 37 people, class XI IPS 2 total 36 people, and class XI IPS 3 total 37 people. This study uses a quantitative approach correlational quantitative method. The sampling technique used in this study was the systematic sampling technique. Data were collected through a questionnaire instrument consisting of two independent variables and one dependent variable using a Likert scale. To calculate the prerequisite assumption test, namely using the normality and linearity test, while to analyze the data using multiple linear regression techniques. It can be concluded that:
1. There is a significant relationship between character values and academic adjustment, seen from the calculation value of hypothesis testing, where the t-value of 0.545 is smaller than the t-table of 1.66088, and the regression coefficient value with a significance level of 0.587, the significant value is greater than 0.05.
2. There is a significant relationship on peer support with academic adjustment, seen from the calculation value of hypothesis testing, where the t-value of 3.931 is greater than the t-table of 1.66088 and the significance value of 0.000 is smaller than α 0.05.
3. There is a significant relationship on character values and peer support with academic adjustment, which is accepted as a result of the simultaneous test results (F-test) obtained significant results as indicated by the number 0.000 <0.05.