Digital Library
Perpustakaan Universitas Negeri Surabaya
Home
Login
Hub. Kami
Statistik
Tipe Dokumen
- Pilih -
Disertasi
Karya Akhir S1
Karya Akhir S2
Karya Akhir S3
Skripsi
Tesis
Tugas Akhir D3
Tugas Akhir D4
Fakultas
- Pilih -
Fak. Ilmu Pendidikan
Fak. Bahasa & Seni
Fak. Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Fak. Ilmu Sosial & Hukum
Fak. Teknik
Fak. Ekonomi
Pasca Sarjana
Fak. Vokasi
Fak. Ekonomi
Fak. Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
Judul
Penulis
Search
Advanced Search
Jenis Dokumen
Disertasi
Karya Akhir S1
Karya Akhir S2
Karya Akhir S3
Skripsi
Tesis
Tugas Akhir D3
Tugas Akhir D4
Fakultas
Ilmu Pendidikan
Bahasa & Seni
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Ilmu Sosial & Politik
Hukum
Psikologi
Teknik
Ekonomika dan Bisnis
Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
Vokasi
Pascasarjana
PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO EDUKASI MASKER KAIN UNTUK COVID-19 DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM
Kode Dokumen
:
0017/FT-BUS/2022
Penulis Utama
:
Siti Zakiya Rosada
NIM Penulis Utama
:
15050404001
Tahun
:
2022
Judul ID
:
PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO EDUKASI MASKER KAIN UNTUK COVID-19 DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM
Judul EN
:
DEVELOPMENT OF FABRIC MASK EDUCATIONAL VIDEO MEDIA FOR COVID-19 ON INSTAGRAM SOCIAL MEDIA
Sumber
:
UNESA - Fakultas Teknik - Jurusan S1 Pendidikan Tata Busana - 15050404001 - 2022
Jenis Dokumen
:
Skripsi
Abstrak ID
:
Penggunaan masker merupakan salah satu pola kehidupan bari di era New Normal ini.
Masker kain muncul sebagai opsi dari kelangkaan masker bedah.
Muncul masalah lain yaitu masih ditemukannya masyarakat yang tidak memakai topeng.
Kegiatan edukasi masker dilaksanakan untuk memotivasi masyarakat untuk memakai masker.
Salah satunya melalui media sosial yang sering digunakan yaitu Instagram.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1)Untuk mengetahui media video edukasi masker kain untuk Covid-19 yang telah dikembangkan di media sosial Instagram, 2) Untuk mengetahui respons pengguna instagram terhadap pengembangan media video masker kain.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau R&D dengan model pengembangan 4-D (Four-D Models).
Validasi produk dilakukan oleh ahli media dan ahli materi.
Teknik analisis data tes rata-rata (mean) digunakan untuk menghitung hasil validasi.
Hasil oleh ahli media memperoleh nilai tes rata-rata 4,1.
Hasil oleh ahli materi memperoleh nilai tes rata-rata 5. Teknik analisis data yang digunakan untuk menghitung hasil penilaian oleh responden yaitu pengguna Instagram.
Hasil penilaian dari seluruh responden mendapatkan nilai persentase 96,92%.
Dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa pengembangan media video edukasi masker kain di media sosial Instagram layak dan baik untuk digunakan.
Hasil penilaian dari seluruh responden mendapatkan nilai persentase 96,92%.
Dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa pengembangan media video edukasi masker kain di media sosial Instagram layak dan baik untuk digunakan.
Hasil penilaian dari seluruh responden mendapatkan nilai persentase 96,92%.
Dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa pengembangan media video edukasi masker kain di media sosial Instagram layak dan baik untuk digunakan.
Abstrak EN
:
The use of masks is one of life in this New Normal era. Cloth masks emerged as an option from the scarcity of surgical masks. Another problem arises, namely that there are still people who do not wear masks. Mask education activities are carried out to motivate people to wear masks. One of them is thourgh social media that is often used, namely Instagram. The purpose of this study was to determine: 1) To determine the feasibilty of cloth mask educational video media for Covid-19 that had been developed on Instagram social media, 2) To determine the response of Instagram users to the development of cloth mask educational video media. This research uses development research or R&D methods with a 4-D development model (Four-D Models). Product validation is carried out by media experts and material experts. The average test data analisys technique (mean) was used to calculate the validation results. The results of the validation by media experts obtained an average test score of 4,1. The results of the validation by material experts obtained an average test score of 5. The percentage data analysis. technique was used to calculate the result of the assesment by respondent, namely Instagram users. The results of the assesment of all respondents get a percentage value of 96,92%. From these results, it can be concluded that the development of cloth mask educational video media on Instagram social media is feasible and good to use.
Link Artikel
File Abstrak
File Lampiran