Kata-kata Kunci: Konseling Rasional Emotif Perilaku, Kejenuhan Belajar.
Penelitian ini bertujuan menguji keefektifan konseling rasional emotif perilaku untuk membantu peserta didik mereduksi kejenuhan belajar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan pre-eksperimen disigns dengan rancangan one group pretest posttest design. Subjek penelitiannya adalah delapan peserta didik yang diidentifikasi mengalami kejenuhan belajar tingkat tinggi. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan MBI-SS (Maslach Burnout Inventory-Student Survey) yang terdiri dari 88 jumlah aitem. Adapun hasil dari uji validitas terdapat 74 aitem yang dinyatakan valid dengan hasil uji reliabilitas cronbach’s alpa sebesar 0,752 0,60, maka dapat disimpulkan bahwa “keefektifan konseling rasional emotif perilaku untuk mereduksi kejenuhan belajar peserta didik dinyatakan reliabel”. Serta dalam uji normalitas diketahui nilai signifikansi sebesar 0,757 0,05 dengan dasar pengambilan uji normalitas kolmogorov-smirnov dengan demikian asumsi prasyarat normalitas terpenuhi. Adapun hasil dari uji wilcoxon signed ranks test dengan nilai mean rank rata-rata 4,50 dengan sum of ranks sebesar 36.00. Hambatan dalam penelitian ini terdapat salah satu peserta didik yang mengalami kejenuhan belajar yang sulit diungkap dari pada peserta didik lainnya yang merasa kurang dalam pemberian intervensi konseling.
Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa konseling rasional emotif perilaku efektif untuk mereduksi kejenuhan belajar peserta didik, namun masih memerlukan penyesuaian dengan situasi dan kondisi di setiap sekolah dan ada perbedaan skor kejenuhan belajar peserta didik antara sebelum dan setelah penerapan konseling rasional emotif perilaku.
Keywords: Rational Emotive Behavior Counseling, Burnout of Learning.
This study aims to test the effectiveness of emotive behavior rational counseling to help students reduce learning boredom.
This study uses a pre-experimental disigns approach with one group pretest posttest design. The subjects of the study were eight students who were identified as experiencing high levels of boredom learning. The instrument in this study used the MBI-SS (Maslach Burnout Inventory-Student Survey) consisting of 88 items. As for the results of the validity test there are 74 items that are declared valid with the results of the cronbach's alpa reliability test of 0.752 0.60, it can be concluded that the variable "the effectiveness of rational emotive counseling behavior to reduce the saturation of students' learning is stated to be reliable". Obstacles in this study there is one student who experienced boredom of learning that is difficult to express than the other students who feel less in providing counseling interventions.
Based on the results of data analysis, it can be concluded that rational emotive behavior counseling is effective in reducing learner boredom learning, but it still requires adjustment to the situation and conditions in each school and there is a difference in students' learning saturation score between before and after the application of emotive behavior rational counseling.