Penggunaan Media Quizizz pada Elemen Pengawasan Teknik Konstruksi dan Perumahan
Use of Quizizz Media on Construction and Housing Engineering Elements
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran quizizz pada elemen pengawasan teknik konstruksi dan perumahan. Media pembelajaran quizizz yang dimaksud adalah media yang berisikan materi dan soal didalamnya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE yang terdiri 5 tahap yaitu tahap Analysis (analisis), tahap Design (perancangan), tahap Development (pengembangan), tahap Implementation (implementasi), dan tahap Evaluation (evaluasi). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui metode kuesioner. Teknik ini melibatkan responden yaitu ahli media, ahli materi dari guru mata Pelajaran di SMKN 1 Sidoarjo, dan peserta didik kelas XI Teknik Konstruksi dan Perumahan SMKN 1 Sidoarjo. Teknik analisis data yang digunakan adalah Teknik analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan (1) Kelayakan media pembelajaran yang m digunakan mendapatkan nilai rata-rata dari kedua validator yaitu 77% m dengan kategori sangat valid. (2) Hasil Belajar yang didapat peneliti mendapatkan rata rata nilai dalam satu kelas pertemuan ke 1 dan ke 2 yaitu 81. Lalu peserta didik dinyatakan tuntas sejumlah 29 peserta didik atau 81%. Sedangkan untuk peserta didik yang tidak tuntas sejumlah 7 peserta didik atau 19%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media quizizz pada elemen teknik konstruksi dan perumahan layak digunakan.
This research aims to produce quizizz learning media on the elements of construction and housing engineering supervision. The quizizz learning media in question is media that contains material and questions in it. This research is a development research using the ADDIE model which consists of 5 stages, namely the Analysis stage (analysis), Design stage (design), Development stage (development), Implementation stage (implementation), and Evaluation stage (evaluation). The data collection technique used in this research is through a questionnaire method. This technique involves respondents, namely media experts, material experts from subject teachers at SMKN 1 Sidoarjo, and students of class XI Construction and Housing Engineering SMKN 1 Sidoarjo. The data analysis technique used is descriptive analysis technique. The results of this study indicate (1) The feasibility of learning media used to get an average score from both validators is 77% with a very valid category. (2) Learning outcomes obtained by researchers get an average score in one class meeting 1 and 2, namely 81. Then students declared complete a total of 29 students or 81%. As for students who did not complete a total of 7 students or 19%. Based on these results it can be concluded that the use of quizizz media on engineering elements of construction and housing is feasible to use.