Pengembangan Video Tutorial Menggambar Wayang Beber Pacitan
The development of tutorial video of drawing Beber Pacitan Puppet
ABSTRAK
Ajisanta, Robet. 2021. Pengembangan Video Tutorial Menggambar Wayang Beber. Tesis, Progrm Studi Pendidikan Seni Budaya, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Dr. Djuli Djatiprambudi, M. Sn.dan (II) Dr. Tri Sakti, M. Sn.
Kata-kata kunci: Video Tutorial, Media Pembelajaran, Wayang Beber Pacitan.
Tiga Permasalahan utama terkait pembelajaran menggambar wayang beber Pacitan di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) di Pacitan ialah 1) Sedikitnya media pembelajaran yang menunjang proses pembelajaran. 2) Minimnya waktu pembelajaran (8 pertemuan dalam 1 semester), dan 3) Tidak adanya pembelajaran yang berkelanjutan baik dalam pelajaran resmi maupun ekstrakurikuler. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka perlu dilakukan perancangan media pembelajaran yang memungkinkan proses pembelajaran yang berkelanjutan, yang tidak hanya terikat dengan pembelajaran di sekolah, yang tentu saja dengan mempertimbangkan keterjangkauan secara ekonomis, mudah diakses dan menarik bagi banyak orang. Sebagai sebuah usaha untuk menjawab permasalahan tersebut, maka dalam penelitian ini disusunlah sebuah rancangan pengembangan produk media pembelajaran berupa video tutorial menggambar wayang beber.
Proses perancangan media pembelajaran di atas didasarkan pada beberapa teori yaitu, teori pembelajaran model Dave Meier, pembelajaran seni budaya: seni rupa dasar dan juga kajian pustaka mengenai wayang beber Pacitan. Teori-teori tersebut digunakan untuk memastikan bahwa media pembelajaran ysng sedang dikembangkan memiliki konten yang tepat dan mampu mendorong minat belajar setiap peserta didik yang sedang belajar menggambar wayang beber Pacitan.
Lebih lanjut, penelitian ini disusun dengan menggunakan metodologi research and development (RnD), dengan hasil akhirnya adalah terciptanya sebuah media pembelajaran berupa video tutorial, yang dimana dalam pengembangannya dilakukan dengan didasarkan pada prosedur pengembangan 4D Thiagarajan yang terdiri dari tahap Pendefinisian (Define), Perancangan (Design). Pengembangan (Development) dan Penyebaran (Disseminate). Lebih lanjut, sebelum dilakukan penyebaran, video pembelajaran ini telah terlebih dahulu melalui proses validasi yang dilakukan oleh validator (akademisi di bidang pembelajaran dan desain komunikasi visual) dan juga telah di uji coba secara terbatas dengan melibatkan siswa-siswi kelas XI SMKN 1 Pacitan, Kab. Pacitan, Prov. Jawa Timur.
Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran berupa video tutorial menggambar wayang beber Pacitan yang baik berdasarkan hasil validasi, 1) 76,92 dalam hal aspek kelayakan materi, 2) 77,77. Dalam hal aspek video dan kegrafikan. Sedangkan pada aspek uji coba secara terbatas didapat penilaian yaitu, 1) 72 siswa-siswa memberikan penilaian baik terkait tampilan video, 2) 67 memberikan penilaian baik terkait penyampaian materi dan 3) 69 memberikan penilaian baik terkait kemanfaatan materi video tutorial menggambar wayang beber Pacitan.
ABSTRACT
Ajisanta, Robet. 2021. Pengembangan Video Tutorial Menggambar Wayang Beber. Thesis, Cultural Arts Education Program, Post-Graduate, State University of Surabaya. Advisors: (I) Dr. Djuli Djatiprambudi, M. Sn.dan (II) Dr. Tri Sakti, M. Sn.
Key Words: Video Tutorials, Learning Media, Beber Pacitan Puppet
Three main problems related to learning to draw Beber Pacitan puppet at the high school (SMA) in Pacitan are 1) There are few learning media that support the learning process, 2) The lack of learning time (8 lessons hour in a semester), and 3) There is no sustainable learning in either intra-curricular or extra-curricular. To overcome these problems, it is necessary to design learning media that allow a sustainable learning process which is not only tied to learning in schools, which of course takes into account economically affordable, easily accessible, and attractive to many people. As an attempt to answer these problems, in this study, a design for the development of learning media products in the form of video tutorials for drawing Beber puppet was compiled.
The process of designing learning media above is based on several theories, those are Daves Meiers learning theory, learning arts and culture: basic art as well as a literature review on Beber Pacitan puppet. These theories are used to ensure that the learning media being developed has the right content and is able to encourage the learning interest of each student who is learning to draw Beber Pacitan puppets.
Furthermore, this research was compiled using a research and development (RnD) methodology, with the result of the creation of learning media in the form of a video tutorial, which was developed based on the Thiagarajan 4D development procedure which consists of the Define, Design, Development and Dissemination. Moreover, before being distributed, this learning video has been validated by validator (academics in the field of learning and visual communication design) and has also been tested on a limited basis by involving XI class students of SMKN 1 Pacitan, Pacitan, East Java Province.
This study resulted in learning media in the form of video tutorials for drawing Beber Pacitan puppet which were good in terms of material feasibility aspects which reached 76.92, as well as video and graphic aspects reached 77.77. Meanwhile, in the aspect of efficiency and effectiveness, an assessment was obtained which was 72 of students gave a good respond regarding the video display, 67 gave a good respond regarding the delivery of the material and 69 gave a good respond regarding the usefulness of the video tutorial materials for drawing Beber Pacitan puppet.