Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ipa Berorientasi Model Inkuiri Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kreatif Pokok Bahasan Bioteknologi SMP.
The Development Of Inquiry Oriented Learning Tools Trains Students' Creative Thinking Skills In Junior High School Biotechnology Chapter. Thesis.
ABSTRAK
Layyina, Nunik. 2021. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ipa Berorientasi Model Inkuiri Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kreatif Pokok Bahasan Bioteknologi SMP. Tesis, Program Studi Pendidikan Sains, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, Pembimbing (1) Prof. Dr. Hj. Rudiana Agustini, M.Pd dan (II) Dr. Sifak Indana,. M.Pd
Kata Kunci: Inkuiri, Keterampilan Berpikir Kreatif, Bioteknologi
Perangkat pembelajaran dengan model inkuiri melatihkan keterampilan berpikir kreatif kurang tersedia, pembelajaran hanya berpusat pada guru saja sehingga peserta didik tidak aktif dikelas, padahal keaktifan peserta didik selama pembelajaran sangat penting karena membuat keterampilan berpikir kreatif peserta didik menjadi terlatih. Keterampilan berpikir kreatif merupakan skill yang penting dimiliki pada abad 21. Penerapan berpikir kreatif dalam inkuiri akan menghasilkan banyak gagasan yang bermanfaat dalam memecahkan masalah dan peserta didik menjadi aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan perangkat berorientasi model pembelajaran inkuiri untuk melatihkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi bioteknologi SMP. Penelitian ini menggunakan desain 4D (Pendifinisian, Perancangan, Pengembangan, dan Penyebaran). Hasil penelitian yang diperoleh dari uji coba terbatas yang telah dinyatakan valid oleh dua validator ahli dan dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran. Hasil kepraktisan didapat persentase keterlaksanaan tahapan pembelajaran pada RPP persentase sebesar 88% kategori terlaksana sangat baik. Hasil keefektifan berdasarkan rata-rata skor N-gain peserta didik kelas A dan Kelas B sebesar 0,74 kategori tinggi dan 0,58 kategori sedang membuktikan adanya peningkatan sesudah pembelajaran berorientasi inkuiri serta respon peserta didik sangat positif. Data diperkuat lagi dengan uji hipotesis pretest-posttest kelas A didapat thitung ( 34,40) > ttable (1,694) dan uji hipotesis pretest-posttest kelas B didapat thitung ( 21,97) > ttable (1,694) yang berarti terjadi peningkatan secara signifikan pada skor tes keterampilan berpikir kreatif dari pretest ke posttest kelas A dan Kelas B. Hasil analisis data respon peserta didik sebanyak 89% peserta didik memberikan respon positif dengan kategori sangat baik sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran IPA berorientasi model inkuiri melatihkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik
ABSTRACT
Layyina, Nunik. 2021. The Development Of Inquiry-Oriented Learning Tools Trains Students' Creative Thinking Skills In Junior High School Biotechnology Chapter. Thesis. Science Education Study Program. Postgraduate Program, State University of Surabaya. Advisor (1) Prof. Dr. Hj. Rudiana Agustini, M.Pd and (II) Dr. Sifak Indana,. M.Pd
Keywords : Inquiry, Creative Thingking Skills, Biotechnology
Learning tools with inquiry models that train creative thinking skills are less available, learning is only teacher-centered so that students are not active in class, even though the activeness of students during learning is very important because it makes students' creative thinking skills become trained. Creative thinking skills are important skills to have in the 21st century. The application of creative thinking in inquiry will produce many useful ideas in solving problems and students become active in learning. This research is a development research that aims to determine the validity, practicality, and effectiveness of inquiry learning model-oriented devices to train students' creative thinking skills in junior high school biotechnology materials. This study uses a 4D design (Definition, Design, Develop, and Disseminate). The research results obtained from limited trials have been declared valid by two expert validators and can be applied in learning activities. The practical results obtained are the percentage of implementation of the learning stages in the lesson plan, the percentage is 88%, the category is very well implemented. The results of the effectiveness based on the average N-gain score of class A and Class B students of 0.74 high category and 0.58 medium category proved an increase after inquiry-oriented learning and the student's response was very positive. The data was further strengthened by testing the pretest-posttest hypothesis for class A, it was obtained tcount (34.40) > t¬table (1.694) and the pretest-posttest hypothesis test for class B obtained tcount (21.97) > t¬table (1.694) which means that there is a a significant increase in creative thinking skills test scores from pretest to posttest class A and Class B. The results of the analysis of student response data as many as 89% of students gave a positive response with a very good category so it can be concluded that the development of inquiry-oriented science learning tools trains skills creative thinking of students.