Pengembangan E-Book Pembelajaran Karawitan Berbasis Notasi Kepatihan Berbantu Video Tutorial Untuk Siswa SMP
ABSTRAK
Wae, Dhimas F. A. 2024. Pengembangan E-book Pembelajaran Karawitan Berbasis Notasi Kepatihan Berbantu Video Tutorial Untuk Siswa SMP. Tesis. Program Studi Pendidikan Seni Budaya. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Hj. Warih Handayaningrum, M.Pd., dan (II) Dr. Indar Sabri, M.Pd.
Kata-kata Kunci: E-book, Pembelajaran, Seni Karawitan
Pengembangan e-book pembelajaran karawitan berbasis notasi kepatihan berbantu video tutorial dirancang untuk kegiatan ekstrakurikuler seni karawitan pada siswa SMP. Penelitian ini menghasilkan produk berupa e-book pembelajaran karawitan menggunakan notasi kepatihan yang dilengkapi juga dengan video tutorial. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses pengembangan e-book karawitan berbantu video tutorial; dan (2) menjelaskan kualitas e-book karawitan berbantu video tutorial. Penelitian pengembangan ini menggunakan model DDDD atau 4-D dengan tahapan Define, Design, Develop dan Disseminate. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan angket. Analisis data dilakukan dengan menggunakan perhitungan persentase validasi dan respon.
Hasil dari penelitian menunjukan bahwa hasil data yang dihitung menggunakan persentase skala linkert (1) validasi materi mendapat hasil akhir 87,5% atau sangat layak, (2) validasi media mendapat hasil akhir 80% atau layak, (3) respon pelatih mendapatkan hasil akhir 91% atau sangat layak, (4) Respon siswa mendapatkan 91% atau sangat layak.
Kesimpulan penelitian dan pengembangan ini bahwa pengembangan e-book pembelajaran karawitan berbasis notasi kepatihan berbantu video tutorial untuk siswa SMP sangat layak digunakan dalam pembelajaran seni karawitan pada kegiatan ekstrakurikuler. Adapun pernyataan tersebut dibuktikan dengan data hasil validasi oleh ahli materi, media, respon guru juga siswa. Melalui penelitian ini diharapkan proses pembelajaran karawitan pada ekstrakurikuler di SMP menjadi lebih mudah dan menyenangkan, karena dalam media selain terdapat paparan materi tekstual juga dilengkapi dengan video tutorial.
ABSTRACT
Wae, Dhimas F. A. 2024. Development of an E-book for Karawitan Learning Based on Kepatihan Notation Assisted by Video Tutorials for Junior High School Students. Thesis. Arts and Culture Education Study Program. Faculty of Language and Art. Surabaya State University. Supervisor: (I) Prof. Dr. Hj. Warih Handayaningrum, M.Pd., and (II) Dr. Indar Sabri, M.Pd.
Keywords: E-book, Learning, Karawitan Art
Development of an e-book for learning musical instruments based on kepatihan notation assisted by video tutorials designed for extracurricular musical arts activities for junior high school students. This research produced a product in the form of an e-book for learning musical instruments using kepatihan notation which is also equipped with video tutorials. This research aims to (1) describe the process of developing a musical e-book assisted by video tutorials; and (2) explaining the quality of the musical e-book assisted by video tutorials. This development research uses the DDDD or 4-D model with the Define, Design, Develop and Disseminate stages. Data collection techniques use interviews, observation and questionnaires. Data analysis was carried out using validation and response percentage calculations.
The results of the research show that the data results calculated using the Linkert scale percentage (1) material validation got a final result of 87.5% or very decent, (2) media validation got a final result of 80% or decent, (3) the trainer's response got the final result 91% or very decent, (4) Student responses get 91% or very decent.
The conclusion of this research and development is that the development of an e-book for learning musical instruments based on kepatihan notation assisted by video tutorials for junior high school students is very suitable for use in learning musical arts in extracurricular activities. This statement is proven by data from validation results by material experts, media, teacher and student responses. Through this research, it is hoped that the extracurricular musical learning process in junior high schools will become easier and more enjoyable, because in addition to the media providing exposure to textual material, it is also equipped with video tutorials.