STRATEGI PENINGKATAN PELAYANAN KESEHATAN
UNTUK WARGA LANJUT USIA (LANSIA) DI DESA KEDATON
KECAMATAN KAPAS KABUPATEN BOJONEGORO
HEALTH SERVICES IMPROVEMENT STRATEGY
FOR ELDERLY CITIZENS IN KEDATON VILLAGE
KAPAS DISTRICT, BOJONEGORO DISTRICT
ABSTRAK
Nama : Istiqomah
NIM : 21040674213
Jurusan : Ilmu Administrasi Negara
Fakultas : Ilmu Sosial dan Hukum
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Tauran, S.Sos., M.Soc.Sc
Pelayanan masyarakat, khususnya terhadap lansia, merupakan isu krusial dalam administrasi pemerintahan. Tantangan dalam memberikan pelayanan yang efisien dan tanpa diskriminasi sosial semakin kompleks. Pelayanan sosial kepada lansia haruslah terencana dan berkelanjutan, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan mereka agar tetap dapat berfungsi secara sosial. Dalam konteks ini, Desa Kedaton Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro sejak tahun 2015 sudah menerapkan program posyandu lansia, namun terdapat hambatan akibat kurangnya partisipasi lansia. Hal ini dapat menghambat implementasi efektif dari Program Posyandu Lansia itu sendiri. tujuan Untuk mengetahui strategi peningkatan pelayanan kesehatan untuk warga lanjut usia di Desa Kedaton Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro. Metode dalam penelitian ini menggunakan Pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Fokus penelitian pada empat indikator: strategi inti, strategi konsekuensi, strategi pelanggan dan strategi kontrol dengan teknik pengumpulan data wawancara, studi kepustakaan dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan bagi lansia, Desa Kedaton telah menerapkan strategi yang sesuai dengan teori Osborn & Plastrik. Strategi-strategi ini mencakup penyediaan infrastruktur kesehatan, peningkatan motivasi partisipasi, sosialisasi kegiatan posyandu, dan pengendalian melalui sensus kesehatan dan pelatihan kader. Walaupun menghadapi beberapa tantangan, upaya yang dilakukan oleh pemerintah desa dan kader posyandu menunjukkan tekad untuk memberikan pelayanan unggul bagi lansia.
Kata Kunci: Strategi pelayanan publik, posyandu lansia, kesejahteraan
Community service, especially for the elderly, is a crucial issue in government administration. The challenge in providing services that are efficient and without social discrimination is increasingly complex. Social services for the elderly must be planned and sustainable, aiming to meet their needs in order to continue to function socially. In this context, Kedaton Village, Kapas District, Bojonegoro Regency has implemented an elderly Posyandu program since 2015, but there are obstacles due to the lack of participation of the elderly. This can hinder the effective implementation of the Elderly Posyandu Program itself. Objective To find out the strategy for improving health services for elderly residents in Kedaton Village, Kapas District, Bojonegoro Regency. The method in this study uses a qualitative approach with a case study design. The research focuses on four indicators: core strategy, consequence strategy, customer strategy and control strategy using interview data collection techniques, literature studies and documentation.
The results of this study indicate that in order to improve the quality of service for the elderly, Kedaton has implemented a strategy that is in accordance with Osborn & Plastic theory. These strategies include providing health infrastructure, increasing participation motivation, socializing posyandu activities, and controlling through a health census and cadre training. Despite facing several challenges, the efforts made by the village government and posyandu cadres show a determination to provide superior services for the elderly.
Keywords: Public service strategy, elderly posyandu, welfare