Evaluation of Education and Training (DIKLAT) Procurement of Goods and Services at the Surabaya City Personnel and Human Resources Development Agency
Evaluasi diklat pengadaan barang/jasa mempunyai peran yang sangat penting dalam kegiatan diklat pengadaan barang/jasa, karena kegiatan evaluasi diklat pengadaan barang/jasa berfungsi sebagai tolak ukur keberhasilan diklat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan evaluasi diklat pengadaan barang/jasa di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pemerintah Kota Surabaya dengan menggunakan teori Suhariadi (2013) Evaluasi Model Kirkpatrick 4 level yaitu: Evaluasi Reaksi, Evaluasi Pembelajaran, Evaluasi Prilaku, dan Evaluasi Hasil. Penelitian ini menemukan kejadian di lapangan bahwa sebagian pegawai yang mempunyai wewenang dalam mengelola keuangan serta melakukan kegiatan pengaadaan barang dan jasa belum mempunyai sertifikasi dan keterlambatan dalam penyelesaian administrasi pengadaan barang/jasa dikarenakan kurangnya pengetahuan dan keahlian yang dimiliki oleh pegawai. Metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam menganalisis data dalam penelitian ini yaitu melaui pengumpulan data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Evaluasi reaksi sudah berjalan dengan baik, dimana materi serta fasilitas yang diberikan sudah sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan. Evaluasi pembelajaran telah memberikan dampak yang baik seperti adanya perubahan pengetahuan yang dimiliki oleh peserta, hal ini juga ditunjukkan pada evaluasi perilaku dimana peserta merasakan adanya perubahan pada perilakunya. Evaluasi hasil menunjukkan hasil yang kurang baik karena masih banyak peserta yang tidak lulus sertifikasi. Adapun saran yang diberikan oleh peneliti pada penelitian ini yaitu seperti Pimpinan dari setiap instansi mewajibkan pegawai yang mempunyai tugas dalam melakukan pengelolaan keuangan dan pengadaan barang/jasa, Penyelenggara diklat dapat memberikan materi dan soal yang bervariasi, alumni diklat dapat mempertahan perilaku yang baik, peserta diberikan jeda waktu yang dapat dimanfaatkan untuk mereview materi.
Kata Kunci: Evaluasi Diklat, Pengadaan Barang dan Jasa
Evaluation of goods/services procurement training has a very important role in goods/services procurement training activities, because goods/services procurement training and training evaluation activities function as a benchmark for the success of the training. This research aims to describe the evaluation of training and training for the procurement of goods/services at the Personnel and Human Resources Development Agency of the Surabaya City Government using Suhariadi's (2013) 4level Kirkpatrick Model Evaluation theory, namely: Reaction Evaluation, Learning Evaluation, Behavioral Evaluation, and Results Evaluation. This research found incidents in the field that some employees who have the authority to manage finances and carry out goods and services procurement activities do not yet have certification and delays in completing the administration of goods/services procurement are due to the lack of knowledge and expertise possessed by employees. The qualitative research method is descriptive and uses observation, interview and documentation techniques. The technique used to analyze data in this research is through data collection, data reduction and drawing conclusions. The reaction evaluation has gone well, where the materials and facilities provided are in accordance with the specified specifications. The learning evaluation has had a good impact such as a change in the knowledge possessed by the participants. This is also shown in the behavioral evaluation where the participants feel a change in their behavior. The evaluation of the results showed poor results because there were still many participants who did not pass the certification. The suggestions given by researchers in this study are that the leadership of each agency requires employees who have duties to carry out financial management and procurement of goods/services, training organizers can provide varied materials and questions, training alumni can maintain good behavior, participants are given time lag that can be used to review the material.
Keywords: Training Evaluation, Procurement of Good and Services