STUDI KEPUSTAKAAN KONSELING KELUARGA UNTUK MENGURANGI KECANDUAN GAME ONLINE PADA PESERTA DIDIK
LITERATURE STUDY OF FAMILY COUNSELING TO REDUCE ONLINE GAME ADDICTION FOR STUDENTS
Kecanduan game online yang banyak dialami oleh peserta didik, khususnya remaja, merupakan masalah utama yang perlu segera diatasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan informasi tentang orang yang ketergantungan game online dan penanganannya melalui layanan konseling keluarga. Penelitian ini menggunakan metodologi studi kepustakaan dan merujuk pada referensi buku, artikel, atau data dari penelitian sebelumnya yang diterbitkan oleh penerbit nasional maupun internasional, tergantung pada topik penelitian. Setelah data terkumpul, menggunakan teknik analisis isi untuk menganalisis data. Adapun pertanyaan-pertanyaan berikut adalah fokus yang digunakan dalam penelitian: 1) Bagaimana ruang lingkup dan tujuan konseling keluarga untuk mengurangi kecanduan game online? 2) Bagaimana prosedur layanan konseling keluarga untuk mengurangi kecanduan game online. 3) Seberapa efektifkah konseling keluarga dalam mengurangi kecanduan game online? Berdasarkan hasil penelitian ini, konseling keluarga telah berhasil mengurangi kecanduan game online di tingkat dasar, menengah pertama dan juga menengah atas. Oleh karena itu, perlakuan ini dapat diterapkan pada peserta didik usia 10-18 dengan menggunakan berbagai jenis konseling keluarga tergantung pada faktor-faktor yang menyebabkan masalah tersebut. Penanganan ini sangat membutuhkan dukungan keluarga dalam proses implementasi untuk terlibat langsung guna meningkatkan sistem dan komunikasi dalam keluarga.
Kata Kunci: Konseling Keluarga, Kecanduan Game Online, Peserta Didik
Online game addiction among students, especially teenagers, is a major problem that needs to be addressed immediately. The purpose of this study is to explain about people who are addicted to online games and their treatment through family counseling. This research uses a literature study as the methodology and refers to books, articles, or data from previous studies that published by national or international publishers, depending on topic of the research. After data are collected, it uses content analysis techniques to analyze the data. The following questions are the main focus of research: 1) What is the scope and purpose of family counseling to reducing online game addiction? 2) What is the procedure of family counseling to reducing online game addiction? 3) How effective is the family counseling in reducing online game addiction? Based on the results of this study, family counseling has succeeded in reducing online game addiction at the elementary, middle, and high school level. Therefore, this treatment can be applied to students aged 10-18 using different types of family counseling depending on the factors that cause the problem. In the implementation, this treatment needs family support that directly involved in improving the system and communication within the family.
Keywords: Family Counseling, Online Game Addiction, Students