PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN WALI MURID DI LEMBAGA BIMBINGAN DAN MOTIVASI BELAJAR (BMB) AIR-LANGGA PONOROGO
THE INFLUENCE OF SERVICE QUALITY ON PARENT SATISFACTION AT THE INSTITUTE OF GUIDANCE AND LEARNING MOTIVATION (BMB) AIR-LANGGA PONOROGO
ABSTRAK
Nama: Zioravinky Chelonia
NIM: 20010034024
Program Studi: S-1 Pendidikan Luar Sekolah
Fakultas: Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga: Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing: Dr. Rofik Jalal Rosyanafi, M.Pd.
Kualitas layanan diidentifikasikan sebagai faktor yang memainkan peran utama dalam membentuk persepsi pelanggan terhadap sebuah lembaga. Pemberian pelayanan yang berkualitas merupakan salah satu strategi yang dilakukan lembaga pendidikan untuk meningkatkan kepuasan peserta didik. Kepuasan tidak hanya menjadi tujuan yang ingin dicapai, namun juga indikator penting untuk menilai kesuksesan operasional dan keberlanjutan lembaga pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan wali murid di Lembaga Bimbingan dan Motivasi Belajar (BMB) Air-LANGGA Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode asosiatif. Jumlah populasi pada penelitian ini adalah 75 wali murid dan jumlah sampel sebanyak 43 wali murid dengan teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin. Lokasi penelitian ini adalah Lembaga Bimbingan dan Motivasi Belajar (BMB) Air-LANGGA Ponorogo. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah angket, dokumentasi, dan observasi.
Melalui uji korelasi Product Moment, diperoleh hasil nilai signifikansi sebesar 0,000 dimana nilai tersebut lebih kecil dari 0,05. Nilai koefisiensi korelasi yang diperoleh sebesar 0,664. Apabila disesuaikan dengan tabel interpretasi nilai r, maka nilai r tergolong dalam kategori kuat. Sehigga dapat disimpulkan bahwa kualitas layanan memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kepuasan wali murid di Lembaga Bimbingan dan Motivasi Belajar (BMB) Air-LANGGA Ponorogo.
Kata Kunci: Kualitas Layanan, Kepuasan Wali Murid
Name: Zioravinky Chelonia
Study Program: S-1 Nonformal Education
Faculty: Education Science
Institution: State University of Surabaya
Supervisor: Dr. Rofik Jalal Rosyanafi, M.Pd.
Service quality is identified as a factor that plays a major role in shaping customer perceptions of an institution. Providing quality services is one of the strategies carried out by educational institutions to increase student satisfaction. Satisfaction is not only a goal to be achieved, but also an important indicator for assessing the operational success and sustainability of educational institutions. The aim of this research is to determine the effect of service quality on the satisfaction of parents at the Air-LANGGA Ponorogo Learning Guidance and Motivation Institute (BMB).
This research uses a quantitative approach with associative methods. The total population in this study was 75 parents and the sample was 43 parents with a sampling technique using the Slovin formula. The location of this research is the Air-LANGGA Ponorogo Learning Guidance and Motivation Institute (BMB). The data collection techniques used in this research were questionnaires, documentation and observation.
Through the Product Moment correlation test, a significance value of 0.000 was obtained, where this value is smaller than 0.05. The correlation coefficient value obtained was 0.664. If adjusted to the r value interpretation table, the r value is classified in the strong category. So it can be concluded that service quality has a significant positive influence on the satisfaction of parents at the Air-LANGGA Ponorogo Learning Guidance and Motivation Institute (BMB).
Keywords: Service Quality, Parental Satisfaction