Pesatnya perkembangan teknologi membuat pemerintah menekankan penggunaan teknologi dalam kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Salah satunya adalah pengembangan teknologi sebagai media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan media komik digital dalam pembelajaran.
Objek penelitian ini adalah 20 siswa kelas X IPS 2 MA Nurul Huda. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dan model pengembangan 4-D oleh Thiagarajan & Semmel. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan : (a) persentase hasil validasi ahli materi sebesar 86,9% dengan kriteria sangat layak, hasil validasi ahli media sebesar 84% dengan kriteria sangat layak, hasil validasi ahli bahasa sebesar 76,6% dengan kriteria layak, dan hasil validasi ahli desain grafis sebesar 83,3% dengan kriteria sangat layak. (b) terdapat peningkatan pada hasil belajar siswa yang ditunjukkan dari rata-rata nilai pretest sebesar 38,5 dan rata-rata nilai posttest sebesar 82. Nilai gain score pada hasil penelitian ini yaitu sebesar 0,71 yang masuk dalam kategori tinggi. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa media pembelajaran komik digital mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada materi terbentuknya keseimbangan harga pasar kelas X IPS 2 MA Nurul Huda.
The rapid development of technology makes the government emphasize the use of technology in learning activities to increase the quality of education. One of them is the development of technology as a learning media. The aim of this study is to know feasibility of digital comic media in learning.
The object of this study were 20 students X IPS 2 grade of MA Nurul Huda. The type of this study is development research and 4-D development model by Thiagarajan & Semmel. The type of data in this study are qualitative and quantitative data.
The results of this study shows : (a) the percentage of material expert validation is 86.9% with very feasible criteria, the results of media expert validation are 84% with very feasible criteria, the results of linguistic validation are 76.6% with feasible criteria and the results of the graphic design expert's validation were 83.3% with very feasible criteria. (b) there is an increase in student learning value showed from 38,5 of average pretest value and 82 of average posttest value. The gain score on the results of this study is 0.71 which is in the high category. The conclude is digital comic learning media can increase student learning value in the material balance of market price in X IPS 2 grade of MA Nurul Huda.