Keterampilan berpikir kritis penting dilatihkan pada peserta didik dalam menyelesaikan masalah aktual yang dapat dilaksanakan dengan model Guided Inquiry. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu bahan ajar berupa LKPD berbasis Guided Inquiry pada sub materi pencemaran lingkungan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas X SMA yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D, namun pada tahap disseminate tidak dilakukan. Tahap pengembangan LKPD dilakukan di Jurusan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya. Ujicoba terbatas dilakukan pada 20 peserta didik kelas X MAN 2 Gresik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah validasi, observasi, tes, dan hasil angket respon peserta didik. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa validitas LKPD berbasis Guided Inquiry memperoleh modus keseluruhan dengan kategori sangat valid. Kepraktisan LKPD ditinjau dari hasil keterlaksanaan LKPD sebesar 96,36% dengan kategori sangat baik dan keterlaksanaan keterampilan berpikir kritis sebesar 96,25% dengan kategori sangat baik. Keefektifan LKPD ditinjau dari ketuntasan hasil belajar peserta didik yang mendapatkan nilai analisis N-gain pada ketuntasan hasil belajar peserta didik menunjukkan rata-rata sebesar 0,71 dengan kategori tinggi. Sedangkan pada ketuntasan indikator nilai N-gain yang didapatkan menunjukkan rata-rata sebesar 0,84 dengan kategori tinggi dan persentase hasil angket respon peserta didik sebesar 95% dengan kategori sangat efektif. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh dapat disimpulkan bahwa Lembar Kegiatan Peserta Didik berbasis Guided Inquiry pada Sub Materi Pencemaran Lingkungan untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA dinyatakan valid, praktis dan efektif sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci : Lembar kegiatan peserta didik, Guided Inquiry, pencemaran lingkungan, keterampilan berpikir kritis.
Critical thinking skills is important to train students in solving actual problems that can be implemented with the Guided Inquiry. This study aims to produce a teaching material in the form of student worksheet Guided Inquiry on environmental pollution sub material to train critical thinking skills of class X high school students that are valid, practical, and effective. This research is a development study using the 4D model, but at the disseminate stage was not carried out. The development stage of student worksheet was organized in Biology Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, State University of Surabaya. Limited trials was conducted to the sixteen 10th grade students of MAN 2 Gresik. Collecting data methods was validation, observation, tests, and students response questionnaire result. The results of the study showed that the validity of the student worksheet based on Guided Inquiry obtained an overall mode with a very valid category. Practicality of student worksheet in terms of student worksheet implementation results of 96.36% with very good category and the implementation of critical thinking skills of 96.25% with very good category. The effectiveness of student worksheet in terms of completeness of learning outcomes of students who get the value of N-gain analysis on completeness of student learning outcomes shows an average of 0.71 with a high category. While the completeness of the N-gain indicator values obtained showed an average of 0.84 with a high category and the percentage of students questionnaire responses was 95% with a very effective category. Based on the results obtained, it can be concluded that student worksheet based on guided inquiry in sub enviromental pollution to promote critical thinking skill of class X high school student is declared valid, practical and effective so that it can be used in the learning process.
Keywords : Student worksheet, Guided Inquiry, environmental pollution, critical thinking skills.