PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI PUTUMU (PUISI ITU MUDAH) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII
DEFELOPMENT MEDIA OF ANIMATED VIDEO PUTUMU (PUISI ITU MUDAH) AS A PURPOSE IN LEARNING WRITING A POEM IN STUDENT CLASS VIII
Abstrak
Pembelajaran di sekolah, terutama Bahasa Indonesia akan memerlukan inovasi untuk mencapai pembelajaran yang sesuai dengan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan kualitasnya dari segi kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan Media Video Animasi PUTUMU (Puisi Itu Mudah) dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas VIII. Media video animasi menjadi media pembelajaran yang cocok dipakai dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dalam masa pandemi saat ini. Dengan media ini peserta didik akan merasa termotivasi dan nyaman di dalam kelas sehingga tujuan pembelajaran menulis puisi akan tercapai. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Sadiman dkk. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 14 Gresik, subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII SMP Negeri 14 Gresik. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi teknik validasi, observasi, tes, dan angket. Hasil penelitian ini berupa tahapan proses pengembangan media sampai dengan siap digunakan dan setelah dihitung dari hasil kevalidan 86,66% dengan predikat “sangat layak”, keefektivan dengan persentase 89,95% dengan predikat “sangat baik” kepraktisan dengan hasil 84,33% dengan predikat “sangat baik” dan media maka diperoleh predikat keseluruhan media pembelajaran “sangat baik” dengan persentase 98,87% yang berarti Media Video Animasi PUTUMU layak untuk dipakai dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia.
Kata Kunci: Media pembelajaran, Video Animasi, Menulis Puisi.
Abstract
Learning in schools, especially Indonesian languange lesson, will require innovation to achieve learning that is suitable for students. This research aims to describe the development process and its quality in terms of validity, effectiveness, and practicality of PUTUMU (Puisi Itu Mudah) Animated Video Media in learning to write poetry for eighth grade students. Animated video media are suitable learning media for Indonesian language learning during the current pandemic. With this media students will feel motivated and comfortable in the classroom so that the learning objectives of writing poetry will be achieved. This research is a development research using the development model of Sadiman et al. The research was conducted at SMP Negeri 14 Gresik, the subject of this study were students of class VIII SMP Negeri 14 Gresik. Data collection techniques used include validation techniques, observation, tests, and questionnaires. The results of this research are in the form of the stages of the media development process until it is ready for use and after being calculated from the validity results of 86.66% with the predicate "very feasible", effectiveness with a percentage of 89.95% with the predicate "very good" practicality with a result of 84.33%. predicate "very good" and the media, the overall predicate of learning media is "very good" with a percentage of 98.87%, which means that the PUTUMU Animated Video Media is suitable for use in the Indonesian language learning process.
Keywords: instructional media, video animation, writing poetry.