KESADARAN MORFOLOGI DAN HUBUNGANNYA DENGAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA SEKOLAH MENENGAH
MORPHOLOGICAL AWARENESS AND ITS CORRELATION WITH EFL STUDENTS READING COMPREHENSION IN SECONDARY SCHOOLÂ
Kesadaran morfologis, sebagai salah satu mediator yang memberikan dampak, memainkan peran penting dalam mencapai pemahaman membaca yang sukses. Hal ini diyakini bahwa kesadaran morfologis berkontribusi untuk meningkatkan kinerja siswa yang lebih baik dalam membaca dengan menganalisis struktur kata. Oleh karena itu, siswa perlu meningkatkan keterampilan mereka dalam memanipulasi dan menafsirkan kata-kata kompleks yang disajikan dalam sebuah teks. Penelitian ini lalu, menyelidiki level kesadaran morfologi peserta didik dan hubungannya dengan pemahaman membaca peserta didik yang belajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Penelitian dilakukan dengan sampel 55 peserta didik kelas dua dari salah satu sekolah menengah atas (SMA) di Gresik, Jawa Timur. Data dikumpulkan melalui tes pemahaman bacaan dan tes kesadaran morfologi. Hasilnya menunjukkan bahwa level kesadaran morfologi peserta didik adalah bervariasi (5 students = sangat baik, 21 students = baik, 18 students = sedang, 10 students = buruk, and 1 student = sangat buruk). Selain itu, hasil menunjukan bahwa kesadaran morfologi peserta didik tidak ada hubungan dengan pemahaman baca mereka (p-value =.357, >.05).
Morphological awareness, as one of the mediators which gives impact, plays an important role in achieving successful reading comprehension. It is believed that morphological awareness contributes to enhance students performances in reading by analyzing the word structures. Students are required to improve their skills in manipulating and interpreting complex words presented in a text. This study then, investigates the students level of morphological awareness and its relationship with their reading comprehension. It was carried out with a group of 55 second-grade EFL students from one of senior high schools in Gresik, East Java. The data were collected through reading comprehension test and morphological awareness test. The results indicates that students level of morphological awareness are varied (5 students = Excellent, 21 students = Good, 18 students = Mediocre, 10 students = Poor, and 1 student = Very Poor). In addition, the results show students morphological awareness has no link with their reading comprehension (p-value= .357, > .05).